EFEKTIVITAS KONSELING KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN PENGOBATAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU: Sistematik review


Efendi, Sudirman (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KESEHATAN TERHADAP KEPATUHAN PENGOBATAN PASIEN TUBERKULOSIS PARU: Sistematik review. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012191004_tesis_cover1.jpg

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012191004_tesis_bab 1-2.pdf

Download (806kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012191004_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012191004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang : Angka keberhasilan Pengobatan tuberkulosis masih belum optimal, oleh karena tingginya angka putus berobat yang dapat menyebabkan resistensi obat dan kegagalan pengobatan. Pemberian konseling kesehatan sangat dibutuhkan agar pasien dapat memahami dan menerima kondisinya sehingga patuh terhadap pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis keefektifan konseling kesehatan terhadap kepatuhan pengobatan pada pasien tuberculosis paru reguler.
Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistematik review. Pencarian artikel menggunakan database Pubmed, Proquest, Science Direct, Cochrane library dan Gray Literature yang menghasilkan 7 artikel utama. Artikel ini merujuk pada PRISMA 2009 dengan nomor registrasi protokol (PROSPERO) CRD42020223341. Kriteria studi yang diulas yakni (1) Populasi pasien tuberkulosis paru reguler; (2) Study dengan desain intervensi; (3) Study yang dilakukan dalam10 tahun terakhir; dan (4) Judul dan abstrak sesuai pertanyaan penelitian serta hasil memuat kepatuhan pengobatan. Artikel dianalisis menggunakan Critical Appraisal Skills Program dan risiko bias digunakan Cochrane Risk of Bias dan tingkat bukti dengan Johns Hopkins Nursing Evidence-Based Practice
Hasil: Hasil analisis kami pada ke tujuh artikel yang diulas, konseling kesehatan efektif terhadap kepatuhan pengobatan tuberculosis. Selain itu, juga meningkatkan pengetahuan pasien, tekanan psikologis menurun , membuat hubungan emosional dengan keluarga lebih positif dan meningkatkan keberhasilan pengobatan.
Kesimpulan: Intervensi konseling kesehatan direkomendasikan pada pelayanan program pengobatan tuberkulosis mulai sejak awal terdiagnosa hingga sembuh , dengan durasi 30 menit tiap sesi dan menggunakan media pendukung seperti leaflet.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci:Tuberculosis, counseling ,medication adherence, systematic review
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:52
Last Modified: 31 Mar 2022 01:52
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14827

Actions (login required)

View Item
View Item