STUDI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI RUTE BANDARA SULTAN HASANUDDIN MENUJU KOTA MAKASSAR = STUDY OF TRANSPORTATION MODE SELECTION SULTAN HASANUDDIN AIRPORT ROUTE TO MAKASSAR CITY


Kusmayadi, Ahmad Gofar (2022) STUDI PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI RUTE BANDARA SULTAN HASANUDDIN MENUJU KOTA MAKASSAR = STUDY OF TRANSPORTATION MODE SELECTION SULTAN HASANUDDIN AIRPORT ROUTE TO MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012181053_tesis_cover1.jpg

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D012181053_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012181053_tesis_dp.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012181053_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Ahmad Gofar Kusmayadi Studi Pemilihan Moda Transportasi Rute Bandara Sultan Hasanuddin Menuju Kota Makassar (dibimbing oleh Prof. Ir. Sakti Adji Adisasmitha., M.si., M.Eng., Sc., Ph.D dan Dr. Eng. Ir. Muralia Hustim., ST.,MT).
Tujuan pada penelitian ini yaitu, (1) Menganalisis model pemilihan moda transportasi pengguna terhadap angkutan pribadi, angkutan taxi bandara dan angkutan kereta api, (2) Menganalisis Karakteristik apa yang sangat mempengaruhi pengguna dalam pemilihan moda trasnportasi pada rute Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Kota Makassar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Stated Preference adalah pendekatan dengan cara menyampaikan pertanyaan pilihan yang berupa suatu hipotesa untuk dinilai oleh responden. Analisis data menggunakan Conditional Logit Model melalui perangkat lunak STATA 16. Hasil yang diperoleh adalah untuk model preferensi pemilihan moda antara kendaraan pribadi, taksi bandara, dengan kereta api bandara yang melalui rute new port dan rute graha pena dapat di simpulkan bahwa variabel biaya perjalanan, waktu perjalanan, frekuensi perjalan dan barang bawaan menjadi variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam model pemilihan moda, sehingga moda yang dipilih adalah menggunakan kereta api. Kemudian karakteristik yang sangat mempengaruhi dalam pemilihan moda transportasi dengan rute Bandara Sultan Hasanuddin menuju Karebosi yaitu waktu tempuh perjalanan dan biaya perjalanan. Hal ini berlaku dikedua rute Makassar New Port maupun Graha Pena.
Kata Kunci : Bandara Hasanuddin, Graha Pena, Karebosi, Kereta Api, Moda Transportasi

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:38
Last Modified: 31 Mar 2022 01:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14809

Actions (login required)

View Item
View Item