MBOLIAN, YORIM (2014) TINGKAT KERUSAKAN JALAN SEBAGAI DASAR KEBIJAKAN PENANGANAN PEMELIHARAAN PRASARANA JALAN KABUPATEN (Studi Kasus Kabupaten Banggai Kepulauan). Thesis thesis, Universitas hasanuddin.
--yorimmboli-4145-1-14-yorim-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) jenis dan penyebab
terjadinya kerusakan konstruksi perkerasan jalan, (2) kekuatan struktur
perkerasan jalan terhadap beban lalu lintas pada ruas jalan, dan (3)
kebijakanpenanganan pemeliharaan prasarana jalan dalam keterbatasan
dana.
Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Banggai Kepulauan
pada ruas jalan Salakan-Sambiut, Bulagi-Sabang dan Alakasing
Saiyong.Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survei kondisi
jalan dan mewawancarai stakeholderyang memiliki kompetensi dalam
penanganan pemeliharaan jalan.Pengolahan data yang telah diperoleh
dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif sesuai dengan tujuan
yang akan dicapai.
Hasil penelitian menunjukan bahwa luas total kerusakan
konstruksi perkerasan jalan yang terjadi yaitu 8936,94 m2
dengan rincian
kerusakan fungsional sebesar 6717,12 m2
atau 80% dan kerusakan
struktural sebesar 1679,82 m2
atau 20%.Kondisi konstruksi perkerasan
jalan mengalami penurunan rata-rata sebesar 28,26% setiap
tahunsehingga hanya mampu bertahan hingga 3,54 tahun untuk kegiatan
pemeliharaan jalan dan 7,08 tahun untuk kegiatan peningkatan jalan.
Program penanganan jalan yang dilakukan selama ini dilaksanakan
berdasarkan pagu anggaran sebab keterbatasan alokasi pembiayaan
pemeliharaan jalan.Kebijakan dari pemerintah dibutuhkan untuk
melakukan pemeliharaan, baik dalam pemeliharaan rutin maupun
pemeliharaan berkala yang sistematik dan berkesinambungan.
Item Type: | Thesis (Thesis) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Depositing User: | Kamaluddin |
Date Deposited: | 31 Mar 2022 01:25 |
Last Modified: | 31 Mar 2022 01:25 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14778 |