PERILAKU MEKANIK DAN KETAHANAN BETON BERBAHAN PASIR SLAG NIKEL DAN FLY ASH = MECHANICAL PROPERTIES AND DURABILITY OF CONCRETE WITH SAND NICKEL SLAG AND FLY ASH


Priono, Teguh (2022) PERILAKU MEKANIK DAN KETAHANAN BETON BERBAHAN PASIR SLAG NIKEL DAN FLY ASH = MECHANICAL PROPERTIES AND DURABILITY OF CONCRETE WITH SAND NICKEL SLAG AND FLY ASH. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D11116012_skripsi_cover1.jpg

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D11116012_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (964kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D11116012_skripsi_dp.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D11116012_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Isu global warming dan lingkungan menjadi tujuan utama untuk membatasi penggunaan semen maupun agregat alam dalam produksi mortar dan beton, penggunaan semen dan agregat alam secara berlebihan akan berdampak kepada lingkungan, sehinggan diperlukannya bahan yang ramah lingkungan sebagai komposisi pembentuk mortar dan beton, salah satunya yaitu penggunaan fly ash pengganti parsial semen dan pasir slag sebagai agregat halus.
Tujuan dari penelitian ini yaitu mengkaji penggunaan pasir slag dan fly ash sebagai material subtitusi terhadap kekuatan mekanik beton dan mengevaluasi ketahanan beton terhadap penetrasi klorida dengan metode sorptivity. Fly ash berfungsi sebagai pengganti sebagian semen dan butiran slag nikel sebagai pengganti pasir alami.
Metode yang digunakan adalah studi eksperimental dengan variasi benda uji menggunakan pasir slag dan penambahan parsial fly ash. Pengujian yang dilakukan berupa pengujian mekanik beton yang terdiri dari pengujian kuat tekan, modulus elastisitas, kuat tarik belah, kuat lentur, dan pengujian sorptiviti beton.
Diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa kekuatan mekanik beton yang tertinggi dari variasi OPC-GNS50 pada kedua fas (25% dan 45%). Hal ini membuktikan penggunaan parsial pasir slag dapat meningkatkan kekuatan mekanik dari beton itu sendiri, sedangkan penambahan variasi fly ash juga berkontribusi pada peningkatan kekuatan beton. Pengujian sorptiviti memberikan hasil yang relevan dengan kuat tekan, dimana beton OPC-GNS50 memiliki ketahanan yang baik terhadap penetrasi ion-ion agresif.
Kata Kunci: Slag Nikel, Fly Ash, Kekuatan Mekanik, dan Sorptiviti

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 31 Mar 2022 01:18
Last Modified: 31 Mar 2022 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14762

Actions (login required)

View Item
View Item