REKONSTRUKSI HUKUM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA DI BIDANG PERIKANAN TANGKAP YANG BERKEADILAN SOSIAL


Lewerissa, Yanti Amelia (2021) REKONSTRUKSI HUKUM PENANGGULANGAN TINDAK PIDANA DI BIDANG PERIKANAN TANGKAP YANG BERKEADILAN SOSIAL. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
P0400316406_disertasi cover1.jpg

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P0400316406_disertasi bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of dafar pustaka] Text (dafar pustaka)
P0400316406_disertasi daftar pustaka.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P0400316406_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan, menjelaskan dan menemukan: (1) Hakikat nilai keadilan sosial dalam penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan tangkap, (2) Penegakan hukum tindak pidana di bidang perikanan tangkap menurut nilai keadilan sosial dan (3) Konsep yang ideal dalam penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan tangkap.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian hukum normatif yang dilengkapi dengan studi sosio-legal. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan filosofis, pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dan studi lapangan melalui wawancara. Data dianalisis secara kualitatif yang mengahasilkan data deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Hakikat nilai keadilan sosial dalam penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan tangkap adalah penghormatan atas martabat manusia. Namun sikap penghormatan ini belum diimplementasikan secara baik. Sehingga perlu adanya pemahaman akan nilai Sila ke lima Pancasila dalam penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan tangkap sehingga dapat mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, (2) Penegakan hukum terhadap tindak pidana di bidang perikanan tangkap menurut nilai keadilan sosal, saat ini masih belum berjalan secara efektif. Untuk itu perlu melakukan revisi Undang-Undang Perikanan yang menjadi payung hukum penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan. Perlunya mempertegas kedudukan korporasi sebagai subjek tindak pidana. Selain itu perlu melakukan penataan sistem perizinan terlebih khusus sistem perizinan yang bersifat sistem data dan penguatan sistem pengawasan serta penguatan sarana pengawasan di wilayah rawan tindak pidana perikanan, (3) Konsep yang ideal dalam penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan tangkap dapat dilakukan dengan penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan tangkap yang memberikan penghargaan atas martabat manusia dan penegakan hukum yang adil demi mewujudkan penanggulangan tindak pidana di bidang perikanan tangkap yang berkeadilan sosial.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Rekonstruksi Hukum, Perikanan Tangkap, Berkeadilan Sosial
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:36
Last Modified: 30 Mar 2022 06:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14758

Actions (login required)

View Item
View Item