PEMODELAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK BERBASIS WEBSITE UNTUK MEMUDAHKAN PELAKU PROYEK KONSTRUKSI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 = MODELING A WEBSITE BASED PROJECT MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM TO MAKE IT EASIER FOR CONSTRUCTION PROJECT ACTORS IN THE MIDST OF THE COVID-19 PANDEMIC


Nuskin, Zul Fakhri (2022) PEMODELAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PROYEK BERBASIS WEBSITE UNTUK MEMUDAHKAN PELAKU PROYEK KONSTRUKSI DI TENGAH PANDEMI COVID-19 = MODELING A WEBSITE BASED PROJECT MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM TO MAKE IT EASIER FOR CONSTRUCTION PROJECT ACTORS IN THE MIDST OF THE COVID-19 PANDEMIC. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D11115027_skripsi_cover1.jpg

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D11115027_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (819kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D11115027_skripsi_dp.pdf

Download (9kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D11115027_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Pembangunan konstruksi di berbagai sektor di era sekarang ini telah digencarkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. Namun, kondisi saat ini dimana hampir seluruh negara di dunia sedang dilanda wabah virus corona (Covid 19). Wabah covid 19 yang terjadi di Indonesia telah dikategorikan sebagai bencana nasional atau kejadian yang terjadi di luar kemampuan manusia dan tidak dapat dihindarkan, sehingga akibat dari pandemi ini berimbas terhadap banyak aspek salah satunya adalah penundaan pengerjaan proyek konstruksi pemerintah yang sedang berjalan.
Memanfaatkan dunia teknologi informasi dapat membantu dan memberi kemudahan seorang manajer proyek untuk tetap melakukan pemantauan dan pengawasan suatu kegiatan meskipun pada kondisi pandemi seperti sekarang ini. Berdasarakan hal tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mendesain pemodelan perangkat lunak berbasis website yang menyesuaikan dengan kebutuhan dari pemilik proyek serta situasi dan kondisi yang terjadi di lingkungan proyek.
Pemodelan sistem informasi manajemen proyek berbasis website ini menggunakan metode Waterfall Model. Dimana metode ini merupakan model klasik yang bersifat sistematis, berurutan dan paling umum digunakan dalam pembuatan software.
Sistem yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah menampilkan rancangan model website yang dapat membantu dan memberikan informasi kemajuan pekerjaan serta beberapa protokol Covid-19 yang harus dipatuhi oleh pelaksana proyek. Dalam rancangan website, terdapat halaman Dashboard yang digunakan untuk mengupgrade pekerjaan tiap minggunya yang dapat diinput oleh penyedia jasa. Selain itu, terdapat dokumen-dokumen proyek yang terintegrasi dan dapat diakses online serta diberikan kemudahan kepada pelaksana proyek atau penyedia jasa untuk memberikan masukan baik masalah atau solusi selama pelaksanaan proyek berlangsung melalui halaman diskusi dan foto yang terdapat pada website. Sehingga dapat menjadi acuan bagi perencanaan dan pelaksanaan proyek yang serupa nantinya.
Keywords : sistem, manajemen proyek, waterfall model, covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 30 Mar 2022 06:35
Last Modified: 30 Mar 2022 06:35
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14757

Actions (login required)

View Item
View Item