STUDI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMUNGUTAN JASA PARKIR STUDI KASUS KOTA MAKASSAR


Utama, Muhammad Rachmat Putra (2022) STUDI SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PEMUNGUTAN JASA PARKIR STUDI KASUS KOTA MAKASSAR. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P3400215001_tesis_cover1.jpg

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P3400215001_tesis_bab 1-2.pdf

Download (869kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
P3400215001_tesis_daftar pustaka.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P3400215001_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

SPIP bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bagi tercapainya efektivitas dan efisiensi, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan, ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Apabila evaluasi SPI diterapkan dengan baik dan benar pada suatu pemerintahan dapat mempermudah pencapaian tujuan sesuai dengan rencana yang telah dibuat oleh pemerintah dan dapat meningkatkan sumber pendapatan asli daerah khususnya sektor jasa parkir.

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis implementasi dan kendala dalam penerapan sistem pengendalian internal pemerintah dalam pemungutan jasa parkir di PD Parkir Makassar Raya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang dilakukan pada PD Parkir Makassar Raya. Informan penelitian ini adalah Direktur Operasional, Kepala Bagian Umum dan Kepala Bagian Pengelolaan Perparkiran yang terlibat secara langsung dalam pengelolaan, pemungutan dan pengembalian jasa parkir, pihak ketiga sebagai pengelola dilapangan dan kolektor sebagai pembantu untuk memungut hasil jasa parkir dari pengelola dilapangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik.

Hasil penelitian ini menunjutkan bahwa implementasi sistem pengendalian internal menunjutkan bahwa lingkungan pengendalian, penilaian risiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi hingga pemantauan dalam pemungutan retribusi belum berjalan efektif. Integritas pegawai dan nilai etika terkait dengan praktik pemberian izin yang masih menyimpang sejumlah masalah seperti pegawai yang menangani urusan pemungutan jasa parkir hanya berjumlah 20 orang. Kegiatan pengendalian yang dilakukan dalam pemungutan hingga pengembalian masih sangat lemah. Sarana komunikasi belum berjalan optimal dalam melancarkan kinerja PD Parkir khususnya terkait dengan keperluan pemungutan jasa parkir dan pemantauan hanya dilakukan terbatas pada lokasi-lokasi tertentu yang ada di wilayah Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: SPIP, Undang-undang, jasa parkir dan PAD
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ilmu Akuntasi
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 30 Mar 2022 05:38
Last Modified: 30 Mar 2022 05:38
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14704

Actions (login required)

View Item
View Item