RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY 3D DENAH, INFORMASI BANGUNAN DAN BENDA BERSEJARAH PADA FORT ROTTERDAM DAN MUSEUM LA GALIGO BERBASIS ANDROID = AUGMENTED REALITY 3D APPLICATION DESIGN, BUILDING INFORMATION AND HISTORICAL OBJECTIVES ON FORT ROTTERDAM AND LA GALIGO MUSEUM BASED ON ANDROID


Rahmawati, Rahmawati (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI AUGMENTED REALITY 3D DENAH, INFORMASI BANGUNAN DAN BENDA BERSEJARAH PADA FORT ROTTERDAM DAN MUSEUM LA GALIGO BERBASIS ANDROID = AUGMENTED REALITY 3D APPLICATION DESIGN, BUILDING INFORMATION AND HISTORICAL OBJECTIVES ON FORT ROTTERDAM AND LA GALIGO MUSEUM BASED ON ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H13115306_skripsi_cover1.jpg

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H13115306_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H13115306_skripsi_dp.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H13115306_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Benteng Fort Rotterdam yang terletak di kota Makassar ini merupakan wisata Heritage bangunan bersejarah yang sering dikunjungi, namun seringkali pengunjung hanya sekedar berkunjung tanpa mengetahui informasi, nilai dan manfaat sejarahnya. Oleh karena itu, untuk menghidupkan kembali sebagai bangunan bersejarah, agar lebih efisien dalam memperoleh informasi maka penelitian ini bertujuan untuk membuat aplikasi yang dapat menginformasikan apa saja yang ada di Benteng Fort Rotterdam dalam tampilan Augmented Reality (AR) 3D juga sebagai sarana promosi yang lebih baik untuk masyarakat luas agar lebih menjaga, melestarikan, memelihara warisan budaya bersejarah. Perancangan aplikasi menggunakan metode image based modelling menggunakan Software Blender 3D beserta berbagai macam informasinya melalui markerless Unity dengan layanan vuforia. Teknik ini bekerja dengan cara melakukan pendeteksian gambar yang ditanggkap oleh AR kamera kemudian mencocokkannya dengan pola marker yang telah disimpan di dalam dataset. Maka hasil yang diperoleh yaitu sebuah aplikasi Augmented Reality yang menampilkan model 3D denah bangunan, informasi bangunan, dan benda bersejarah di Fort Rotterdam.
Keywords : Fort Rotterdam, Augmented Reality, Blender, Unity 3D, Vuforia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 06:05
Last Modified: 28 Mar 2022 06:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14647

Actions (login required)

View Item
View Item