Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Pada Usaha Selada Segar Makassar di Kota Makassar = Analysis Marketing Strategy of Hydroponic Vegetables at Selada Segar Makassar business in Makassar City


Yusrizka, Indah Putri Akhiria (2022) Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Pada Usaha Selada Segar Makassar di Kota Makassar = Analysis Marketing Strategy of Hydroponic Vegetables at Selada Segar Makassar business in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116525_skripsi_cover1.jpg

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116525_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116525_skripsi_dp.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116525_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi lingkungan internal dan eksternal yang memengaruhi pemasaran pada usaha Selada Segar Makassar, dan 2) menganalisis strategi yang paling tepat dalam meningkatkan penjualan sayuran hidroponik pada usaha Selada Segar Makassar. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari wawancara dengan pemilik usaha Selada Segar Makassar dan data sekunder berupa data dari Badan Pusat Statistik. Penelitian ini menggunakan Matriks Faktor Strategi Internal (IFAS), Matriks Faktor Strategi Eksternal (EFAS), dan Matriks SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) identifikasi internal pada usaha Selada Segar Makassar yaitu menghasilkan kekuatan berupa keberagaman jenis sayuran hidroponik, mengutamakan kualitas, cabang outlet, pelayanan, pemanfaatan teknologi informasi. Kelemahannya yaitu ketersediaan produk, sumber daya manusia, label/merek pada kemasan, harga jual lebih mahal dari konvensional. Sedangkan identifikasi eksternal menghasilkan peluang berupa gaya hidup sehat, permintaan sayur tinggi, loyalitas konsumen, kesesuaian jadwal tanam, pendatang baru tidak mudah masuk dalam industri. Ancamannya yaitu harga pesaing lebih rendah, munculnya pesaing baru, hama dan penyakit, 2) alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh usaha Selada Segar Makassar adalah memperluas jaringan pemasaran sayuran hidroponik seiring meningkatnya permintaan sayuran dengan memanfaatkan teknologi informasi, mempertahankan dan meningkatkan image produk (positioning) pada konsumen, mempertahankan kualitas produk sayuran untuk meningkatkan kepuasan konsumen, mengoptimalkan dan meningkatkan volume produksi penjualan, menciptakan label pada kemasan produk dan menambah sumber daya manusia.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran; Hidroponik; Lingkungan Internal dan Eksternal; SWOT

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 04:08
Last Modified: 28 Mar 2022 04:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14627

Actions (login required)

View Item
View Item