MODEL PENCAHAYAAN ALAMI RUANG KELAS BERBASIS PERSEPSI VISUAL SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH DI AREA TROPIS


IDRUS, IRNAWATY (2020) MODEL PENCAHAYAAN ALAMI RUANG KELAS BERBASIS PERSEPSI VISUAL SISWA SEKOLAH DASAR DAN MENENGAH DI AREA TROPIS. Disertasi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of sampul]
Preview
Image (sampul)
P1300315004_disertasi COVER1.png

Download (100kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P1300315004_disertasi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of dapus] Text (dapus)
P1300315004_disertasi DP.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of fulltext] Text (fulltext)
P1300315004_disertasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode penilaian kenyamanan visual alternatif berdasarkan persepsi siswa di ruang kelas dengan pencahayaan alami, selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mengusulkan rekomendasi desain bentuk ruang kelas yang dapat memenuhi syarat-syarat kenyamanan visual. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data persepsi siswa dan intensitas pencahayaan alami dari 25 ruang kelas yang terletak di tujuh sekolah di Makassar, Indonesia. Sebanyak 737 siswa menanggapi penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dari pagi hingga siang di masing-masing sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa, yaitu sebanyak 50,2%, merasakan bahwa tingkat pencahayaan alami dalam kategori “Perceptible”, dan hanya 8,1% yang merasa “Intolerable”. Hasil pengukuran intensitas siang hari dari keseluruhan sampel pada tahap awal dan lanjutan, menunjukkan hanya 17 dari 66 kelas atau sebesar 26% kelas yang memenuhi standar minimal Standar Nasional Indonesia (SNI), dan sebanyak 74% kelas tidak memenuhi standar. Dengan menggunakan metode baru berdasarkan persepsi siswa, diperoleh kesimpulan bahwa sebanyak 28% kelas dikategorikan "Acceptable", sebanyak 48% kelas dikategorikan "Preferred", dan sekitar 24% tidak termasuk dalam kategori. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat kelas yang tidak memenuhi nilai rekomendasi SNI, namun masih dapat diterima menurut persepsi siswa. Metode penilaian baru ini dapat menjadi alternatif tambahan bagi desainer untuk menilai kenyamanan ruangan dengan pencahayaan alami sesuai preferensi pengguna. Selain metode penilaian, penulis juga merekomendasikan desain bentuk ruang kelas yang dapat memenuhi tiga unsur kenyamanan visual, yaitu kuantitas cahaya, distribusi cahaya dan kesilauan. Penelitian dilakukan dengan metode simulasi software pencahayaan Ecotect Analysis 2010, yang kemudian dianalisis lebih lanjut dengan menggunakan Radiance. Sebanyak 24 tipe desain ruang kelas SD, SMP dan SMA yang disimulasikan. Desain yang dihasilkan kemudian divalidasi terhadap 5 tipe ruang kelas. Dari penelitian ini diperoleh rekomendasi desain ruang kelas dengan pencahayaan alami yang nyaman visual. Produk yang dihasilkan dapat menjadi masukan bagi pemerintah, desainer, dan para stakeholders dalam menetapkan standar perancangan bangunan pendidikan milik pemerintah yang mendukung prinsip Sustainable Design.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Kenyamanan Visual, Ruang Kelas, Persepsi Siswa.
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Depositing User: andi Sitti aisyah
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:34
Last Modified: 17 Dec 2020 07:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1462

Actions (login required)

View Item
View Item