Hubungan Kemampuan Motorik Kasar Terhadap Kualitas Hidup Pada Anak Cerebral Palsy Di Kota Makassar = Correlation of Gross Motor Skills on Quality of Life in Children with Cerebral Palsy in Makassar.


Rasidi, Wardatun Wahdaniyah (2022) Hubungan Kemampuan Motorik Kasar Terhadap Kualitas Hidup Pada Anak Cerebral Palsy Di Kota Makassar = Correlation of Gross Motor Skills on Quality of Life in Children with Cerebral Palsy in Makassar. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C041171512_skripsi_cover1.jpg

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C041171512_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (745kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C041171512_skripsi_dp.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C041171512_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

Kualitas hidup pada anak cerebral palsy merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji beserta faktor-faktor yang mempengaruhi hal tersebut untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan. Permasalah kualitas hidup pada anak cerebral palsy tidak hanya dipengaruhi oleh aspek sosial ekonomi tetapi aspek kesehatan turut pula berperan seperti kesehatan fisik, nyeri dan keterbatasan motorik yang dialami anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan motorik kasar terhadap kualitas hidup anak cerebral palsy di kota makassar.
Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah responden tiga puluh orang (n=30) yang merupakan siswa cerebral palsy di SLB YPAC Makassar, SLB Negeri 1 Pembina Tingkat Prov.Sulawesi Selatan, SLB Laniang dan SLB Reskiani Makassar. Terdapat beberapa data primer yang dikumpulkan diantaranya kemampuan motorik kasar dan kualitas hidup. Pengambilan data tersebut menggunakan kuisioner PedsQLTM 3.0 modul cerebral palsy dan pedoman pengukuran GMFCS-E&R (Gross Motor Function Classification System Expanded and Resived).
Berdasarkan hasil analisis uji hubungan dengan fisher exact test didapatkan nilai signifikansi (p) sebesar 0,037 (p< 0.05) dengan nilai relative risk untuk kualitas hidup buruk dan sangat buruk yaitu 0,714 yang berarti adanya hubungan yang antara kemampuan motorik kasar terhadap kualitas hidup, dengan anak cerebral palsy yang memiliki kemampuan motorik kasar ringan dan sedang memiliki peluang untuk memiliki kualitas hidup sangat buruk dan buruk 0,714 kali lebih kecil dibandingkan dengan anak cerebral palsy yang memiliki kemampuan motorik kasar berat (N=30).
Kata kunci : motorik kasar, kualitas hidup, cerebral palsy.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:33
Last Modified: 28 Mar 2022 01:33
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item
View Item