Hubungan Perilaku Sedenter dengan Nyeri Muskuloskeletal pada Mahasiswa yang Mengikuti Perkuliahan Sistem Blok = Association Between Sedentary Behavior and Musculoskeletal Pain in Student on Block System Lecture


Karaeng, Winny (2022) Hubungan Perilaku Sedenter dengan Nyeri Muskuloskeletal pada Mahasiswa yang Mengikuti Perkuliahan Sistem Blok = Association Between Sedentary Behavior and Musculoskeletal Pain in Student on Block System Lecture. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C041171511_skripsi_cover1.jpg

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C041171511_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (583kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C041171511_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C041171511_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Perilaku sedenter pada mahasiswa, khususnya mahasiswa yang mengikuti perkuliahan sistem blok, merupakan hal yang sangat penting untuk dikaji beserta faktor-faktor yang memengaruhi hal tersebut untuk meningkatkan kondisi kesehatan maupun produktivitas. Permasalahan yang ditimbulkan akibat perilaku sedenter yang paling sering diabaikan adalah nyeri muskuloskeletal sehingga perlu diteliti dari aspek kesehatan ataupun pola hidup sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan perilaku sedenter dengan nyeri muskuloskeletal pada mahasiswa yang mengikuti perkuliahan sistem blok. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional dengan jumlah sampel seratus tujuh belas orang (n=117) yang merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Umum, Fisioterapi, Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan, dan Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin. Terdapat beberapa data yang akan dikumpulkan, diantaranya tingkat perilaku sedenter dan tingkat nyeri muskuloskeletal. Pengambilan data tersebut menggunakan kuesioner. Penelitian ini menunjukkan adanya korelasi yang bermakna antara perilaku sedenter dengan nyeri muskuloskeletal (p<0.05). Nilai r (Spearmen correlation) yang didapatkan mendekati angka 1, yakni 0,855. Nilai tersebut juga semakin menunjukkan bahwa perilaku sedenter berhubungan dengan nyeri muskuloskeletal.
Keywords : Perilaku sedenter, nyeri muskuloskeletal, mahasiswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:32
Last Modified: 28 Mar 2022 01:32
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14611

Actions (login required)

View Item
View Item