Analisis Energi Impak Rompi Anti Peluru Komposit Serat Karbon Berpenguat Laminasi Aluminium = Analysis of Impact Energy Bulletproof Vest Carbon Fiber Composite Reinforced Aluminum Lamination


Rudi, Rudi (2022) Analisis Energi Impak Rompi Anti Peluru Komposit Serat Karbon Berpenguat Laminasi Aluminium = Analysis of Impact Energy Bulletproof Vest Carbon Fiber Composite Reinforced Aluminum Lamination. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D022192008_tesis_Cover1.jpg

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D022192008_tesis_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D022192008_tesis_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D022192008_tesis_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Rompi merupakan sebuah media atau alat untuk melindungi tubuh pengguna dari ancaman yang berdampak pada cedera, luka, atau kondisi berbahaya lainnya. Walaupun penggunaan rompi tidak menjamin secara pasti keselamatan pengguna, namun penggunaannya dapat mengurangi risiko yang diakibatkan serangan benda tajam. Rompi telah mengalami perkembangan dan perbaikan mulai dari bentuk fisik menjadi lebih fleksibel dan lebih ringan. Semua ini didukung dengan adanya inovasi dan perbaikan terus menerus sehingga melahirkan sebuah alat pelindung diri dengan tingkat keamanan dan kenyamanan yang lebih baik dari sebelumnya.Para perancang telah melakukan berbagai inovasi-inovasi baru terhadap rompi yang tidak hanya berfokus pada satu aspek keamanan saja namun telah merambah ke berbagai aspek lain. Sebagai contoh, pembagian rompi kedalam tingkatan tertentu, nilai estetika rompi, pola dan bentuk, hingga pengguna yang diperuntukkan pada hewan petugas. Rompi anti peluru banyak digunakan oleh personil militer, untuk menjaga keselamatan dari serangan proyektil dan sebaran material ledakan. Pada penelitian ini dilakukan pemodelan simulasi untuk mendapatkan jumlah lapisan serat karbon yang dapat menahan laju peluru. Setalah mendapatkan jumlah lapisan serat karbon yang dapat menahan laju peluru dilakukan validasi dengan melakukan pengujian balistik. Pengujian balistik dilakukan di Kostrad Divisi 3 Infanteri Kabupaten Gowa. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jumlah lapisan serat karbon yang diperoleh dari pemodelan simulasi dapat menahan laju peluru. Kemudian, untuk mengoptimalkan rompi maka dilakukan pemodelan simulasi dengan memvariasikan posisi laminasi aluminium. Hasil simulasi menunjukkan bahwa posisi tengah laminasi aluminium memiliki kerusakan delaminasi yang paling kecil. Kemudian divalidasi dengan melakukan pengujian balistik. Hasil pengujian menunjukkan bahwa rompi tidak dapat menahan laju peluru sehingga rompi mengalami kerusakan delaminasi dan bugling pada aluminium.
Keywords : Rompi, FML, Balistik, Peluru, Impak

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:06
Last Modified: 28 Mar 2022 01:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14591

Actions (login required)

View Item
View Item