RANCANG BANGUN DAN ANALISIS KINERJA SISTEM WATER HEATER BERBASIS SEL FOTOVOLTAIK = Design and Performance Analysis of Photovoltaic Cell-Based Water Heater System


Fahrul, Muhammad (2022) RANCANG BANGUN DAN ANALISIS KINERJA SISTEM WATER HEATER BERBASIS SEL FOTOVOLTAIK = Design and Performance Analysis of Photovoltaic Cell-Based Water Heater System. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D021171007_skripsi_Cover1.jpg

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D021171007_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D021171007_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (739kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D021171007_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Fahrul, Rancang Bangun dan Analisis Kinerja Sistem Water Heater Berbasis Sel Fotovoltaik (dibimbing oleh Dr.Eng. Jalaluddin.,ST.,MT dan Dr.Eng. Andi Amijoyo Mochtar.,ST.,M.Sc).
Konversi radiasi matahari menjadi energi listrik adalah cara paling nyaman dalam pemanfaatan energi matahari. Keuntungan dari menggunakan efek sel fotovoltaik untuk menghasilkan energi listrik adalah bersih, usia pakai lama dan pemeliharaan yang rendah. Maka dari itu melalui penelitian ini,radiasi matahari tersebut dapat kami manfaatkan untuk menganalisis energi yang dibutuhkan dan mengetahui efisiensi termal dari alat sistem water heater berbasis sel fotovoltaik. Tahap awal penelitian adalah merancang alat menggunakan aplikasi Solid Works. Alat tersebut dirancang dalam beberapa tahap yaitu perancangan rangkaian alat,tangki,serta pemilihan sel fotovoltaik dan heater yang cocok untuk digunakan. Setelah itu, dilakukan pembuatan alat dengan rancangan yang dibuat sebelumnya. Setelah selesai dibuat, dilakukan proses pengambilan data berupa data tegangan, arus yang dihasilkan oleh sel fotovoltaik,dan temperatur optimal air yang ada pada tangki penyimpanan.Adapun perbandingan pada volume tangki air yang digunakan yaitu 25 liter, 35 liter,dan 50 liter.Dalam penelitian ini hal yang sangat penting adalah pemilihan heater,dimana heater yang digunakan yaitu pemanas air portable mobil yang berkapasitas 12 volt 120 watt.Heater ini selain fungsinya yang cepat untuk menghantarkan panas dan juga lebih ekonomis dibanding heater lainnya.Setelah pengambilan data dilakukan analisis data yang mana dari hasil analisis tersebut didapatkan rancang bangun sistem water heater berbasis sel fotovoltaik ini menghasilkan kenaikan temperatur 7,5˚C untuk volume tangki 25 liter dan 5,4˚C untuk volume tangki 35 liter,serta 3,4˚C untuk volume tangki 50 liter dengan waktu pemanasan selama 7 jam.
Keywords : Water Heater, Sel Fotovoltaik, Kinerja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:02
Last Modified: 28 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14585

Actions (login required)

View Item
View Item