ANALISIS PENYERAPAN ENERGI ABSORBER MODULE TERHADAP FRONTAL CRASH DENGAN MATERIAL ALUMINIUM FOAM MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA = ANALYSIS OF ABSORBER MODULE ENERGY ABSORPTION AGAINST FRONTAL CRASH WITH ALUMINUM FOAM MATERIAL USING FINISH ELEMENT METHOD


Mulsy, Muh Hisham (2022) ANALISIS PENYERAPAN ENERGI ABSORBER MODULE TERHADAP FRONTAL CRASH DENGAN MATERIAL ALUMINIUM FOAM MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA = ANALYSIS OF ABSORBER MODULE ENERGY ABSORPTION AGAINST FRONTAL CRASH WITH ALUMINUM FOAM MATERIAL USING FINISH ELEMENT METHOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21115512_skripsi_Cover1.jpg

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21115512_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21115512_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (285kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21115512_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Muh. Hisham Mulsy (D21115512), Dibimbing oleh bapak Fauzan, ST.,MT.,Ph.D dan bapak Ir.Mukhtar Rahman, MT . Energi Absorber module adalah salah satu sistem keamanan pasif yang merupakan salah satu komponen yang penting pada aplikasi teknologi dengan prinsip crashworthiness untuk meningkatkan keamanan dari fasilitas transportasi terutama pada struktur kereta. Mekanisme efektif untuk menyerap energi tumbukan adalah melalui deformasi dari struktur modul.
Penelitian kali ini, adalah dengan mendesain struktur modul peredam energi menggunakan material aluminium foam sebagai pengisi dari silinder aluminium modul. Model peredam energi dibuat dengan 3 model yang berbeda yaitu Singgle Wall, Singgle Wall foam filled dan double wall foam filled. Pada model double wall foam filled divariasikan pada 10 model yang berbeda dengan perbedaan pada diameter dalam aluminium.. Modul absorber didesain dan dilakukan pengujian tabrakan dengan kecepatan 36 km/jam, 56 km/jam dan 76 km/jam. Energy Absorption (EA) atau penyerapan energy adalah parameter yang digunakan untuk mengetahui kemampuan struktur menyerap energy kinetic akibat tabrakan.
Hasil analisa didapatkan, besar energy kinetik yang dapat diserap struktur mengalami peningkatan signifikan ketika absorber module ditambahkan material aluminium foam sebagai pengisi silinder modul, nilai EA tertinggi berkisar pada 62-64 kJ. Sedangkan absorber module yang tidak menggunakan aluminium foam memiki besar EA pada nilai 30.74 kJ. Modul yang memiliki nilai EA yang tertinggi adalah pada model DWFF-6 dengan diameter silinder 110 mm dan diameter dalam 46 mm. sedangkan module yang memiliki EA terendah adalah pada module Singgle Wall dengan diameter silinder 110 mm.
Keywords : System Keamanan Pasif, Module Absorber, Crashworthiness, Aluminium Foam, Energy Absorption (EA)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 01:01
Last Modified: 28 Mar 2022 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14584

Actions (login required)

View Item
View Item