ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP MAKNA EMOJI DI TWITTER PARA PENGGEMAR BTS


Suci, Adella Citra Wulan (2022) ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP MAKNA EMOJI DI TWITTER PARA PENGGEMAR BTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E021171004_skripsi_Cover1.jpg

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E021171004_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E021171004_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E021171004_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menemukan, mengetahui, dan mendeskripsikan makna emoji-emoji di twitter yang digunakan para penggemar BTS. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga bulan sejak bulan Oktober
hingga Desember 2021. Metode penelitian kualitatif interpretatif yang dilakukan dengan pengamatan secara menyeluruh adalah metode yang diterapkan dalam
penelitian ini. Data yang dikumpulkan didapatkan dari hasil observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi kepustakaan. Kemudian data yang dihasilkan dianalisis
melalui reduksi data, penyajian data, sehingga menghasilkan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada sekitar 29 emoji yang sering digunakan para penggemar BTS. Selain itu, ada 1 emoji yang sangat diidentikkan dengan BTS yang digunakan dengan alasan yang disebutkan oleh salah satu
anggota BTS. Selanjutnya beberapa emoji ditemukan memiliki perbedaan makna dengan makna yang dijabarkan oleh peneliti dan sedikit melenceng dari makna sebenarnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:57
Last Modified: 28 Mar 2022 00:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14575

Actions (login required)

View Item
View Item