PERILAKU CELEBRITY WORSHIP DAN HUBUNGAN PARASOSIAL DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS FOLLOWERS TWITTER @jefrinichol)


Chadijah, Ipa (2022) PERILAKU CELEBRITY WORSHIP DAN HUBUNGAN PARASOSIAL DI MEDIA SOSIAL (STUDI KASUS FOLLOWERS TWITTER @jefrinichol). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E021171312_skripsi_Cover1.jpg

Download (187kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E021171312_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (814kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E021171312_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E021171312_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui karakteristik perilaku celebrity worship dan hubungan parasosial fans Jefri Nichol di Twitter @jefrinichol, (2) untuk mengetahui fase perilaku celebrity worship dan hubungan parasosial pada fans Jefri Nichol di Twitter @jefrinichol. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan sejak November 2021 hingga Januari 2022. Tipe penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan metode penelitian studi kasus perilaku celebrity worship dan hubungan parasosial pada fans aktor Jefri Nichol di media sosial Twitter. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara online, dokumentasi, dan observasi partisipatif agar mendapatkan informasi seakurat mungkin. Penelitian ini dikaji dengan menggunakan teori dan konsep Celebrity worship oleh McCutheon. L. E., dan Interaksi Parasosial dari Horton, D., Wohl. R. R. yang kemudian oleh Stever, Gayle S. dikembangkan menjadi empat tahapan.
Hasil dari penelitian ini sangat bervariasi, satu dari lima informan memiliki ciri borderline-pathological pada perilaku celebrity worship-nya, dua lainnya memiliki ciri perilaku pada tahap intense-personal, dan dua lagi memiliki ciri perilaku pada tahap entertainment-social. Untuk hubungan parasosial, tiga dari lima informan berada pada tahapan romantic attraction, sedang dua lainnya berada pada tahap task attraction, dan tidak satupun berada pada tahap identification attraction. Kelima informan tersebut juga masih memiliki kesadaran terhadap perilaku worshiping dan hubungan parasosial antara mereka dengan aktor Jefri Nichol.
Saran penelitian agar supaya penelitian ini dapat dikembangkan dan dilanjutkan dengan menggunakan metode yang dapat mengupas fenomena celebrity worship dan hubungan parasosial dengan lebih dalam, sehingga hasil yang didapatkan semakin komprehensif dan berguna bagi perkembangan ilmu pengetahuan khususnya pada kajian di bidang New Media.
Kata Kunci: Celebrity Worship, Hubungan Parasosial, Jefri Nichol, Twitter.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:56
Last Modified: 28 Mar 2022 00:56
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14574

Actions (login required)

View Item
View Item