MODEL PEMILIHAN LOKASI PERBELANJAAN MODEREN UNTUK KEBUTUHAN BARANG RUMAH TANGGA DI KOTA MAKASSAR = THE CHOICE MODEL ON THE SHOPPING CENTER LOCATIONS FOR DAILY GOODS OF HOUSEHOLD NEEDS IN MAKASSAR CITY


Saputra, Muh. Reza (2022) MODEL PEMILIHAN LOKASI PERBELANJAAN MODEREN UNTUK KEBUTUHAN BARANG RUMAH TANGGA DI KOTA MAKASSAR = THE CHOICE MODEL ON THE SHOPPING CENTER LOCATIONS FOR DAILY GOODS OF HOUSEHOLD NEEDS IN MAKASSAR CITY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012172003_tesis_Cover1.jpg

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D012172003_tesis_Bab 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012172003_tesis_Daftar Pustaka.pdf

Download (817kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012172003_tesis_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Hal yang penting dari studi pemilihan lokasi adalah faktor karakteristik perjalanan dan faktor karakteristik pelaku perjalanan. Sebagai dasar dalam pengolahan data dalam analisa model conditional logit. Studi pemilihan lokasi diperlukan untuk memperoleh basis ilmiah berdasarkan nilai variable yang paling berperan dalam studi penentuan lokasi. Studi pemilihan lokasi dalam tesis ini bertujuan untuk mengidentifikasi variable apa yang paling berpengaruh dalam pemilihan lokasi pusat perbelanjaan moderen di Kota Makassar dengan menggunakan analisa model conditional logic. Metode eksperimental yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif, melalui data yang diperoleh dan didukung oleh survey pengunjung di tempat berbelanja serta survei kuesioner. Hasil tulisan ini meneliti 5 lokasi pusat perbelanjaan moderen yang berada di pusat kota makassar, antara lain Lottemart (Mall Panakukang), Hypermart (Mall panakukang), Transmart (Panakukang Square), Transmart (TSM), dan Heromart (Mall Ratu Indah). Berdasarkan hasil olah data pada hari kerja jumlah pengunjung terbanyak yaitu Lottemart (MP) memiliki jumlah pengunjung terbesar yaitu 23,42%, dan pada hari libur yaitu Hypermart (MP) 26,52%. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data didapatkan dominan responden memilih belanja pada hari kerja dibandingkan dengan hari libur dengan pertimbangan karakteristik pelayanan, serta karakteristik pemilihan lokasi belanja kebutuhan rumah tangga.
Keywords : Pemilihan Lokasi Pusat Perbelanjaan Moderen, faktor karakteristik, Analisa Conditional Logit

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:50
Last Modified: 28 Mar 2022 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14570

Actions (login required)

View Item
View Item