ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PERJALANAN KE PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS: MALL RATU INDAH) = ANALYSIS SELECTION OF MODE TRANSPORTATION TO SHOPPING CENTER IN MAKASSAR CITY (CASE STUDY : MALL RATU INDAH)


Astiyuliana, Astiyuliana (2022) ANALISIS PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PERJALANAN KE PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS: MALL RATU INDAH) = ANALYSIS SELECTION OF MODE TRANSPORTATION TO SHOPPING CENTER IN MAKASSAR CITY (CASE STUDY : MALL RATU INDAH). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171543_skripsi_Cover1.jpg

Download (307kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171543_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171543_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171543_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Makassar adalah salah satu tempat yang sering terjadi kemacetan jalan disekitar pusat perbelanjaan (Mall) Kepadatan di daerah tersebut meningkat terutama pada jam sibuk pagi, sore maupun malam hari. Hal tersebut disebabkan penggunaan jalan dan parkir yang tidak strategis dan memadai untuk kendaraan jenis tertentu, Keadaan tersebut diperburuk dengan meningkatnya jumlah masyarakat serta pertokoan yang berada di sekitar Kawasan Pusat Perbelanjaan (Mall), sehingga dirasa perlu untuk dilakukan penelitian kepada masyarakat dan pengunjung, pengguna kendaraan pribadi antara sepeda motor dan mobil tentang pemilihan moda yang akan digunakan jika akan ke Pusat Perbelanjaan antara kendaraan pribadi sepeda motor dan mobil.

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis karakteristik pelaku perjalanan ke pusat perbelanjaan Mall Ratu Indah, menganalisis pemodelan pemilhan moda transportasi dengan metode logit multinomial dan menganalisis aksebilitas Mall Ratu Indah berdasarkan daerah asal responden.

Data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, dimana data primer berupa penyebaran kuisioner secara offline terhadap pengunjung Mall Ratu Indah dan data sekunder berupa data pengunjung mall, peta jaringan jalan, data penduduk dan data spasial kota Makassar.

Berdasarkan analisis data yang dilakukan mayoritas pengunjung Mall Ratu Indah memilih menggunakan angkutan pribadi sebagai moda pilihannya, dan berdasarkan analisis model logit multinomial dengan STATA probabilitas yang didapatkan yaitu kendaraan pribadi roda empat 76,79%, kendaraan online roda dua 3,69% dan kendaraan online roda empat 19,53%
Keywords : Pusat Perbelanjaan,Logit Multinomial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:50
Last Modified: 28 Mar 2022 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14569

Actions (login required)

View Item
View Item