PENGARUH ABU TERBANG SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN AC-WC = THE EFFECT OF FLY ASH AS A FILLER ON CHARACTERISTICS OF MIXED MARSHALL AC-WC


Dirgantara, Garuda (2022) PENGARUH ABU TERBANG SEBAGAI FILLER TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN AC-WC = THE EFFECT OF FLY ASH AS A FILLER ON CHARACTERISTICS OF MIXED MARSHALL AC-WC. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171536_skripsi_Cover1.jpg

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171536_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171536_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171536_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Pada pembangunan sarana transportasi jalan raya di Indonesia saat ini untuk perkerasan masih didominasi oleh penggunaan aspal. Jenis aspal yang paling banyak digunakan untuk perkerasan jalan raya adalah aspal yang berasal dari destilasi minyak bumi, yang kemudian dikenal dengan sebutan aspal minyak.
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan beban dan deformasi campuran AC-WC dengan menggunakan abu terbang sebagai filler dan menganalisis nilai kadar aspal optimum campuran AC-WC dengan menggunakan abu terbang sebagai filler.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan beban dan deformasi campuran AC-WC dengan menggunakan abu terbang sebagai filler menunjukkan nilai beban yang semakin meningkat hingga mencapai nilai beban puncak dan mengalami penurunan yang berangsur-angsur hingga 5% dari beban puncak yang disertai dengan deformasi yang semakin meningkat. Hal ini terjadi pada semua kadar aspal minyak yang menunjukkan bahwa campuran AC-WC memiliki fleksibilitas yang besar. Nilai kadar aspal optimum campuran AC-WC dengan menggunakan abu terbang sebagai filler berdasarkan karakteristik marshal di peroleh sebesar 5,5%. Hasil penelitian ini dapat mendorong pembangunan infrastruktur nasional berbasis material limbah yang dapat di gunakan sebagai bahan pengisi dan dapat meningkatkan campuran beraspal,khususnya campuran AC-WC

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:50
Last Modified: 28 Mar 2022 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14568

Actions (login required)

View Item
View Item