ANALISIS MODEL PEMILIHAN MODA PERJALANAN MENUJU KE PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS : MALL TRANS STUDIO MAKASSAR) = MODEL ANALYSIS OF TRIP MODE TO SHOPPING CENTERS IN MAKASSAR CITY (CASE STUDY: MALL TRANS STUDIO MAKASSAR)


Duppa, Virena (2022) ANALISIS MODEL PEMILIHAN MODA PERJALANAN MENUJU KE PUSAT PERBELANJAAN DI KOTA MAKASSAR (STUDI KASUS : MALL TRANS STUDIO MAKASSAR) = MODEL ANALYSIS OF TRIP MODE TO SHOPPING CENTERS IN MAKASSAR CITY (CASE STUDY: MALL TRANS STUDIO MAKASSAR). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171029_skripsi_Cover1.jpg

Download (311kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171029_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (839kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171029_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (569kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171029_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Kota Makassar merupakan ibu kota dari Provinsi Sulawesi Selatan, mempunyai fungsi sebagai pusat pengembangan wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, sehingga menjadi pusat pemukiman, pengembangan, dan pembangunan, yang dititik beratkan pada bidang ekonomi dengan sasaran utama yaitu paada sektor perdangangan, industri, dan pariwisata. Hal ini ditandai dengan banyaknya tarikan perjalanan menuju ke pusat perbelanjaan (Mall). Keberadaan pusat perbelanjaan (Mall) tersebut dapat memberikan pengaruh terhadap tarikan lalu lintas kendaraan dari wilayah-wilayah sekitarnya, sehingga masyarakat Kota Makassar dalam hal ini pengguna jalan selalu dihadapkan dengan kemacetan lalu lintas yang dapat menghambat kegiatan aktivitas masyarakat.

Model pemilihan moda pada penelitian ini menggunakan metode logit multinomial. Pemilihan model tersebut didasarkan bahwa perilaku individu dalam memilih moda transportasi sepenuhnya adalah hasil keputusan setiap individu. Adanya perbedaan tingkat pelayanan dari tiap alternatif moda dan perbedaan kondisi sosial ekonomi akan berpengaruh pada pemilihan moda transportasi perjalanan ke pusat perbelanjaan Mall Trans Studio Makassar.

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis karakteristik pelaku perjalanan menuju ke pusat perbelanjaan yang ada di Kota Makassar khususnya kepada pengunjung Mall Trans Studio Makassar, menganalisis model pemilihan moda transportasi dengan metode logit multinomial, serta menganalisis aksebilitas transportasi ke pusat perbelanjaan Mall Trans Studio Makassar berdasarkan daerah asal responden.
Metode penelitian dilakukan dengan penyebaran kuesioner secara langsung kepada pengunjung Mall Trans Studio Makassar untuk memperoleh data primer yaitu karakteristik individu, karakteristik perjalanan pengunjung Mall dan data sekunder berupa data pengunjung mall, peta jaringan jalan, data penduduk dan data spasial Kota Makassar. Dari data karakteristik pengunjung mall, mayoritas pengunjung memilih moda kendaraan pribadi roda dua dalam melakukan perjalanan dan berdasarkan analisis data logit multinomial dengan program STATA didapatkan nilai probabilitas masing-masing moda yaitu kendaraan pribadi roda empat 25%, kendaraan online roda dua 15%, dan kendaraan online roda empat 20%, kendaraan pribadi roda dua 40%.
Keywords : Pusat Perbelanjaan, Pemilihan Moda, Logit Multinomial

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 28 Mar 2022 00:48
Last Modified: 28 Mar 2022 00:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14562

Actions (login required)

View Item
View Item