KAJIAN LITERATURE REVIEW MENGENAI KARAKTERISTIK QUALITY OF LIFE, LENGTH OF STAY, DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN, TERHADAP PROGRAM REHABILITASI PADA PASIEN SPINAL CORD INJURY = STUDY OF LITERATURE REVIEW ON QUALITY OF LIFE CHARACTERISTICS, LENGTH OF STAY, AND LEVEL OF PATIENT SATISFACTION, ON THE REHABILITATION PROGRAM INJURY TO PATIENTS


Bahtiar, Ainun Agni Jutta (2022) KAJIAN LITERATURE REVIEW MENGENAI KARAKTERISTIK QUALITY OF LIFE, LENGTH OF STAY, DAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN, TERHADAP PROGRAM REHABILITASI PADA PASIEN SPINAL CORD INJURY = STUDY OF LITERATURE REVIEW ON QUALITY OF LIFE CHARACTERISTICS, LENGTH OF STAY, AND LEVEL OF PATIENT SATISFACTION, ON THE REHABILITATION PROGRAM INJURY TO PATIENTS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181033_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
C011181033_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
C011181033_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (149kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
C011181033_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Cedera spinal atau Spinal Cord Injury (SCI) adalah semua bentuk cedera yang mengenai medula spinalis baik yang menimbulkan kelainan fungsi utamanya (motorik, sensorik, otonom, dan reflek) secara lengkap atau sebagian. SCI dapat disebabkan karena trauma maupun non trauma. Penyebab utama trauma adalah kecelakaan kendaraan bermotor, jatuh, luka tembak dan kecelakaan kerja. SCI non traumatik dapat disebabkan oleh infeksi, penyakit degeneratif, toksik dan gangguan metabolik, hernia diskus intervertebralis, spondilosis, serta tumor vaskular. Tindakan diperlukan segera setelah trauma tertangani, tindakan tersebut adalah pencegahan komplikasi rehabilitasi yang dilakukan oleh perawat bekerjasama dengan pasien dan petugas kesehatan lain untuk mencapai fungsi mobilitas yang maksimal dan mandiri melalui latihan re-edukasi pada lingkungan yang berbeda. Peningkatan kemampuan fungsional diterapkan terus berlanjut selama 6 bulan, bila dalam waktu tersebut tidak berubah maka kecacatan akan bersifat permanent. Metode: Pada literatur ini dilakukan pencarian studi literatur menggunakan kata kunci yang sesuai topik, kemudian dilakukan penyaringan dengan kriteria yang telah ditentukan. Kepustakaan yang telah terpilih kemudian direview. Hasil: Dari studi yang ditemukan, terdapat 6 studi inklusi yang dipublikasikan dari Pubmed dan Science Direct guna mengkaji dan menganalisis karakteristik Kajian Literature Review Quality of Life, Length of Stay, dan Tingkat Kepuasan Pasien, terhadap Program Rehabilitasi pada Pasien Spinal Cord Injury. Kesimpulan: Berdasarkan enam studi yang telah dikaji dan dianalisis dapat ditarik kesimpulan bahwa pasien Spinal Cord Injury yang mendapatkan perawatan rehabilitasi memiliki hasil yang baik . Hal ini dibuktikan dari outcome literature review ini bahwa adanya peningkatan kualitas hidup dari pasien, lama rawat inap yang berkurang, serta kepuasan pasien terhadap intervensi rehabilitasi yang diberikan dari pelayanan tenaga medis. Dalam study quality of life dinilai empat aspek dengan hasil kualitas hidup secara keseluruhan terganggu pada pasien SCI dan lebih pada kesehatan psikologis (48,17±14,99) dan lingkungan (38,70±13,79) dibandingkan dengan kesehatan fisik (55,01±12,77) dan kesehatan sosial (51,81±12,89). Sedangkan tingkat lenght of stay dari pasien SCI dengan etiologi traumatic lebih lama dibandingkan dengan non traumatic.
Kata Kunci: Quality of life, lenght of stay, patient satisfaction level, rehabilitation, dan spinal cord injury

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Mar 2022 06:12
Last Modified: 23 Mar 2022 06:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14503

Actions (login required)

View Item
View Item