STUDI KARAKTERISTIK PERMESINAN MATERIAL BAJA ST 60 AKIBAT PROSES ANNEALING = Study of machining characteristics of st 60 steel material result annealing process


Hidayat, Fadil (2022) STUDI KARAKTERISTIK PERMESINAN MATERIAL BAJA ST 60 AKIBAT PROSES ANNEALING = Study of machining characteristics of st 60 steel material result annealing process. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D21115520_skripsi_cover1.jpg

Download (267kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D21115520_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D21115520_skripsi_dp.pdf

Download (860kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D21115520_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Fadil hidayat (D2115520). Studi Karakteristik Permesinan Material Baja ST 60 Akibat Proses Annealing. (Dibimbing oleh Dr.Ir. Yusran aminy, MT dan Fauzan, ST., MT., Ph.D). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Perbandingan kekasaran baja ST 60 sebelum dan setelah mengalami proses annealing (2) Mengetahui pengaruh variabel pemesinan terhadap kekasara material baja ST 60 setelah mengalami proses annealing (3) Menentukan Optimasi kekasara proses pembubutan baja ST 60 menggunakan metode taguchi. Hasil yang di peroleh dari penelitian ini yaitu permukaan kekasaran permukaan hasil pembubutan material yang telah mengalami proses annealing hasilnya lebih halus dibandingkan dengan kekasaran permukaan hasil pembubutan pada material ST 60 normal atau tanpa mengalami proses annealing. kecepatan putaran spindle mempengaruhi kekasaran permukaan material baja ST 60 sebelum mengalami proses annealing dan ST 60 setelah mengalami proses annealing, yang dimana semakin besar kecepatan putaran yang digunakan maka hasil kekasaran permukaan yang di dapatkan juga semakin besar, kecepatan putar mempengaruhi nilai kekasaran permukaan, semakin besar kecepatan putar maka samakin besar pula nilai kekasaran (Ra) yang diperoleh, Kemudian juga gerak makan (feed) sangat mempengaruhi hasil kekasaran permukaan semakin besar kecepatan gerak makan yang digunakan, maka hasil dari kekasaran permukaan juga semakin besar demikian pula sebaliknya semakin kecil kecepatan gerak makan yang digunakan maka hasil dari kekasaran permukaan juga semakin kecil atau semakin baik. kedalaman pemakanan (depth of cut) mempengaruhi hasil kekasaran permukaan dimana semakin tinggi nilai kedalaman pemakanan maka semakin tinggi pula nilai kekasaran permukaan yang diperoleh pada kondisi material dan pemotongan yang sama begitu pula sebaliknya. Optimasi menggunakan metode taguchi nilai kekasaran yang paling optimal pada penelitian ini terjadi pada suhu annealing 900 kecepatan putaran spindel 1000 rpm dengan gerak makan 0,45 dengan kedalaman pemakanan 0,5 mm.
Keywords : Baja karbon ST60 Annealing, Permesinan Bubut,Variabel permesinan, Kecepatan putaran spindel, gerak makan (feed), Metode taguchi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:54
Last Modified: 22 Mar 2022 02:54
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14489

Actions (login required)

View Item
View Item