PEMETAAN KUALITAS AIR PADA KAWASAN RENCANA IPAL DI DAS SADDANG


fauding, Muh (2021) PEMETAAN KUALITAS AIR PADA KAWASAN RENCANA IPAL DI DAS SADDANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
D11116003_skripsi_cover1.jpg

Download (255kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
D11116003_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
D11116003_skripsi_dp.pdf

Download (488kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
D11116003_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Seiring dengan pertumbuhan penduduk yang berkembang cepat serta tingkat penghidupan masyarakat yang semakin maju, banyak kawasan resapan air yang dijadikan kawasan pemukiman dan pengembangan daerah perkotaan, kawasan industri dan perdagangan dengan kata lain perubahan penggunaan lahan mencerminkan dampak aktivitas manusia terhadap lingkungan yang membuat jumlah ketersediaan air semakin lama semakin berkurang dan terjadi pencemaran yang berdampak kepada air yang dibutuhkan oleh masyarakat.
Sehingga dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pencemaran Limbah cair ternak di sekitar peternakan agar menjadi informasi bagian sungai yang tercemar serta Memetakan distribusi spasial pencemaran air sungai Saddang dan memetakan posisi bangunan IPAL.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental untuk pengujian kualitas air sungai berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air Dan Pengendalian Pencemaran Air, serta penentuan status mutu air dengan metode Indeks Pencemaran dan metode STORET berdasarkan Keputusan Mentri Lingkungan Hidup No 115 Tahun 2003 tentang status mutu air dan distribusi Spasial dengan Sistem Informasi Geografis (SIG). Pengukuran kualitas air dilakukan pada 6 titik pengambilan sampel.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas air Sungai Saddang menunjukkan parameter Fisik, Kimia dan Biologi di beberapa titik telah melebihi baku mutu. Kandungan BOD, COD dan Parameter lain meningkat karena sepanjang aliran sungai yang di mulai dari hulu hingga hilir banyak menerima limbah buangan dari hewan ternak, sedangkan berdasarkan status mutu air menunjukkan penurunan kualitas air dari hulu sampai ke hilir sungai dan sebaran polutan dengan aplikasi SIG pada Stasiun titik 1 sampai Stasiun titik 6 menunjukkan Zona distribusi penyebaran Limbah tercemar ringan sampai tercemar berat sehinnga perlu dilakukan pengendalian daya rusak air secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Air Sungai, Sungai Saddang, Distribusi Spasial, Limbah Ternak, SIG
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:43
Last Modified: 22 Mar 2022 02:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item
View Item