Analisa kekakuan sambungan takik lurus rangkap joint balok kolom akibat beban lateral siklik = analysis of the stiffness of the double straight notch joint column beam due to cyclic lateral load


Razak, Nur Muthia (2022) Analisa kekakuan sambungan takik lurus rangkap joint balok kolom akibat beban lateral siklik = analysis of the stiffness of the double straight notch joint column beam due to cyclic lateral load. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D012181008_tesis_cover1.jpg

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D012181008_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D012181008_tesis_dp.pdf

Download (47kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D012181008_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai kekakuan pada sambungan takik lurus rangkap balok kolom eksterior akibat beban siklik lateral dengan membandingkan hasil uji eksperimen dan uji numerik menggunakan Abaqus. Terdapat 2 (dua) benda uji BK monolit dan SBK takik lurus rangkap.
Model sambungan pada balok adalah takik lurus rangkap dan menggunakan metode sambungan mekanik dan grouting. Pembebanan dengan beban lateral bolak balik yang diasumsikan sebagai beban siklik. Pengujian dan analisis menggunakan Metode Displacement Control dengan standar European Convention for Constructional Steelwork (ECCS) 1986.
Hasil penelitian menunjukkan kestabilan benda uji SBK takik lurus rangkap ditinjau dari karakteristik kurva hysteresis loop memiliki kurva yang hampir sama dengan BK monolit baik pada uji eksperimen maupun uji numerik dengan Abaqus. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa kekakuan pada arah dorong Benda uji monolith memiliki nilai kekakuan yang lebih besar di bandingkan sambungan balok kolom takik lurus dengan penurunan kekakuan yang sama konstan, sedangkan pada arah tarik nilai kekakuan sambungan takik lurus diawal siklus pembebanan lebih rendah jika dibandingkan dengan sambungan monolith tetapi sambungan takik dapat mempertahankan nilai kekakuannya sama dengan sambungan monolith sampai akhir pengujian yaitu 0.1 kN/mm.
Keywords : sambungan balok kolom, siklik, sambungan takik lurus, kekakuan

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:41
Last Modified: 22 Mar 2022 02:41
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item
View Item