PENGARUH SUBSTANSI, KULTUR, DAN STRUKTUR TERHADAP PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI DENGAN PENEGAKAN HUKUM SEBAGAI VARIABEL MODERASI


Indah, Wa Ode Darmiati (2021) PENGARUH SUBSTANSI, KULTUR, DAN STRUKTUR TERHADAP PENCEGAHAN TINDAK PIDANA KORUPSI DENGAN PENEGAKAN HUKUM SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
A062191004_tesis_cover1.jpg

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
A062191004_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
A062191004_tesis_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
A062191004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Waode Darmiati Indah. Pengaruh Substansi, Kultur, dan Struktur Terhadap Pencegahan Tindak Pidana Korupsi dengan Penegakan Hukum Sebagai Variabel Moderasi (dibimbing oleh Syarifuddin dan Syamsuddin).

Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh substansi, kultur, dan struktur terhadap pencegahan tindak pidana korupsi dengan penegakan hukum sebagai variabel moderasi.

Penelitian ini mengangkat konflik yang ada di Kabupaten Buru terkait temuan-temuan tindak pidana korupsi. Objek dalam penelitian ini adalah pegawai yang ada di Kejaksaan Negeri Kabupaten Buru. Pengambilan sampel menggunakan convience sampling dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan moderated regression analysis (uji interaksi).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa substansi dan kultur berpengaruh positif terhadap pencegahan tindak pidana korupsi. Sedangkan, struktur tidak berpengaruh positif terhadap pencegahan tindak pidana korupsi. Selain itu, penegakan hukum memperkuat pengaruh substansi terhadap pencegahan tindak pidana korupsi. Sementara disisi lain, penegakan hukum memperlemah pengaruh kultur dan struktur terhadap pencegahan tindak pidana korupsi.

Kata Kunci : substansi, kultur, struktur, pencegahan tindak pidana korupsi, penegakan hukum.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: substansi, kultur, struktur, pencegahan tindak pidana korupsi, penegakan hukum.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 22 Mar 2022 02:23
Last Modified: 22 Mar 2022 02:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14446

Actions (login required)

View Item
View Item