KONFLIK TOKOH DALAM NOVEL O KARYA EKA KURNIAWAN: TINJAUAN STRUKTURAL = Conflict of Characters in Novel O by Eka Kurniawan


Bulawan, Herry Kristwanto Tato (2022) KONFLIK TOKOH DALAM NOVEL O KARYA EKA KURNIAWAN: TINJAUAN STRUKTURAL = Conflict of Characters in Novel O by Eka Kurniawan. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F011171501_skripsi_Cover1.jpg

Download (250kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F011171501_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F011171501_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (307kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F011171501_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

HERRY KRISTWANTO TATO BULAWAN. Konflik Tokoh Dalam Novel O karya Eka Kurniawan (dibimbing oleh Inriati Lewa dan Yusuf Ismail).

Penelitian ini bertujuan untuk mengemukakan bentuk-bentuk konflik tokoh dan sikap tokoh dalam menghadapi konflik dalam novel O karya Eka Kurniawan. Penelitian ini menggunakan teori struktural yang dikemukakan oleh A. Teeuw.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka. Metode studi pustaka dilakukan dengan membaca tulisan-tulisan yang menunjang objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan melalui novel O sebagai sumber data. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dan data sekunder. Data-data yang ditemukan dicatat dan diseleksi dengan memfokuskan pada data yang dibutuhkan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
Hasil penelitian menunjukkan: bentuk-bentuk konflik tokoh terbagi menjadi dua, yakni konflik internal dan konflik eksternal dalam novel O karya Eka Kurniawan, dan sikap tokoh dalam menghadapi konflik, yaitu sikap ikhlas, pembalasan dendam, sikap nekat, sikap teguh, dan sikap berani.
Kata Kunci: novel, konflik tokoh, sikap, struktural

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2022 08:01
Last Modified: 18 Mar 2022 08:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14392

Actions (login required)

View Item
View Item