Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Pengembangan Agribisnis Padi di Desa To'balo, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan = The Role Of An Agricultural Explanation On Rice Agribusiness Development In To'Balo Village, Ponrang Selatan District, luwu Regency, South Sulawesi


Hamsarah, Ayu (2022) Peran Penyuluh Pertanian Terhadap Pengembangan Agribisnis Padi di Desa To'balo, Kecamatan Ponrang Selatan, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan = The Role Of An Agricultural Explanation On Rice Agribusiness Development In To'Balo Village, Ponrang Selatan District, luwu Regency, South Sulawesi. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G21116006_skripsi_Cover1.jpg

Download (275kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G21116006_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G21116006_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G21116006_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penyuluhan pertanian merupakan pendidikan non formal bagi petani. Berhubungan dengan peran penyuluh terhadap pengembangan agribisnis, penyuluh pertanian sangat dibutuhkan dalam usahatani untuk memberikan wawasan kepada petani mengenai wawasan dan pengetahuan untuk meningkatkan hasil produktivitas padi sawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan kegiatan penyuluhan pertanian terhadap kegiatan pengembangan agribisnis padi dan untuk mengetahui peran pada pelaksanaan penyuluh pertanian terhadap pengembangan agribisnis padi. Penelitian menggunakan metode survey deskriptif. Jumah sampel pada penelitian sebanyak 25 petani dan seorang Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dengan menggunakan metode simple random sampling. Peran penyuluh pertanian terhadap pengembangan agribisnis padi sebagai motivator dan dinamisator persentasenya sebesar 80%, sebagai supervisor persentasenya sebesar 83,33%. Sedangkan sebagai fasilitator, inovator, dan edukator penyuluh persentasenya sebesar 69,11%. Dalam upaya pengembangan agribisnis oleh petani, penyuluh berperan dalam pengembangan teknik pengolahan lahan. Untuk penggunaan pupuk, proses budidaya tanaman padi, hingga irigasi lahan petani masih belum berkembang. Penyuluh telah berperan dalam memberikan arahan kepada petani sehingga petani telah menggunakan penerapan benih unggul dan alat mesin pertanian dengan adanya pengadaan bantuan traktor. Untuk indikator informasi pemasaran penyuluh kurang berperan dalam membantu petani bermitra dengan agen pemasaran serta kurangnya diskusi pemasaran. Terkait indikator penguatan kelembagaan, penyuluh kurang berperan dalam menciptakan kerjasama antar kelompok tani dan meningkatkan kemampuan kelompok tani dalam menjalankan fungsinya.
Keywords : Penyuluhan pertanian, Agribisnis Padi, Petani.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Mar 2022 05:40
Last Modified: 18 Mar 2022 05:40
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14369

Actions (login required)

View Item
View Item