EFEKTIVITAS HUKUM SISTEM ZONASI DI KOTA PAREPARE (PERMENDIKBUD NOMOR 44 TAHUN 2019) = LEGAL EFFECTIVENESS OF THE ZONING SYSTEM IN THE CITY OF PAREPARE (PERMENDIKBUD NOMOR 44 TAHUN 2019)


Cinta, Takdir (2022) EFEKTIVITAS HUKUM SISTEM ZONASI DI KOTA PAREPARE (PERMENDIKBUD NOMOR 44 TAHUN 2019) = LEGAL EFFECTIVENESS OF THE ZONING SYSTEM IN THE CITY OF PAREPARE (PERMENDIKBUD NOMOR 44 TAHUN 2019). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116083_skripsi_Cover1.jpg

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116083_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116083_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (342kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116083_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dampak dari penerapan Sistem Zonasi di kota Parepare berdasarkan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019 dan Untuk mengetahui Efektivitas hukum pelaksanaan Sistem Zonasi di kota Parepare berdasarkan peraturan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 44 Tahun 2019.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum Empiris (empiricial legal research). Penelitian hukum empiris menggunakan fakta empiris diperoleh dengan wawancara atau melakukan pengamatan secara langsung. Dalam penelitian ini digunakan teknik pengumpulan data: Studi Lapangan, yaitu dengan observasi dan studi Kepustakaan (library research). Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer, sekunder, dan tersier.

Hasil penelitian ini diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif: (1) Berdasarkan PERMENDIKBUD Nomor 44 Tahun 2019, Penerapan peraturan sistem zonasi menyebabkan satuan pendidikan ditiap sekolah memberlakukan pembatasan dalam penerimaan siswa baru, sehingga calon peserta didik diluar lokasi zona dari sekolah memiliki sedikit kesempatan untuk mendaftar diluar lokasi zona atau domisili calon peserta didik.; (2) Sistem Zonasi di Kota Parepare berlaku terhadap Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang seharusnya berlaku juga tehadap Sekolah Dasar (SD). Namun, Sekolah Dasar (SD) tidak diberlakukan di Kota Parepare. Hal ini yang menjadi keEfektivitasan Permendikbud di Kota Parepare tidak sesuai dengan Permendikbud.
Keywords : Pendidikan, Efektivitas, Zonasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:57
Last Modified: 16 Mar 2022 03:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item
View Item