Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan bagi Keberlangsungan Pendidikan (Suatu Tinjauan Sosiologi Hukum) = Sustainable Complete Class System for the Continuity of Education (An Analysis of The Sociology of Law)


Safitri, Resmi (2022) Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan bagi Keberlangsungan Pendidikan (Suatu Tinjauan Sosiologi Hukum) = Sustainable Complete Class System for the Continuity of Education (An Analysis of The Sociology of Law). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11115399_skripsi_Cover1.jpg

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11115399_skripsi_Bab 1-2.pdf

Download (953kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11115399_skripsi_Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11115399_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Resmi Safitri (B111 15 399), Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan bagi Keberlangsungan Pendidikan (Suatu Tinjauan Sosiologi Hukum), dibimbing oleh Musakir sebagai pembimbing I dan Andi Tenri Famauri Rifai sebagai pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan yang seyogianya dari Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan (SKTB) serta mengetahui implikasi yang ditimbulkan dari penerapannya terhadap guru dan peserta didik.
Penelitian dilakukan di Dinas Pendidikan Pendidikan Kabupaten Gowa, SD Negeri Bontokamase, SD Negeri Sungguminasa V, SMP Negeri 2 Sungguminasa, SMP Negeri 1 Pattallassang dengan menggunakan metode penelitian lapangan berupa teknik wawancara bersama Pemerintah Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, kepala sekolah, guru, peserta didik, dan orangtua dari peserta didik, selain itu juga menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan teknik studi dokumen, berupa mengkaji peraturan perundang-undangan, jurnal, dan buku yang berkaitan dengan masalah yang dibahas dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seyogianya pelaksanaan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan harus memerhatikan regulasi yang berlaku, yakni Peraturan Daerah Kabupaten Gowa Nomor 10 Tahun 2013 serta memperhitungkan aspek-aspek penting dari tata kelola dan pola koordinasi pelaksanaan Kelas tuntas Berkelanjutan. Implikasi yang ditimbulkan dari pelaksanaan Sistem Kelas Tuntas Berkelanjutan terutama bagi guru dan peserta didik adalah berupa adanya efisiensi studi, intensitas dari proses-proses pembelajaran, dan terbentuknya orientasi kompetensi dari peserta didik.
Kata Kunci: Sosiologi Hukum, Pendidikan, Kelas Tuntas Berkelanjutan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:57
Last Modified: 16 Mar 2022 03:57
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14287

Actions (login required)

View Item
View Item