Manajemen Pemanenan Hutan Rakyat di Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. = Management of community forest harvesting in Cenrana Baru village, Cenrana sub-district, Maros district


Damayanti, Wilda (2022) Manajemen Pemanenan Hutan Rakyat di Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana, Kabupaten Maros. = Management of community forest harvesting in Cenrana Baru village, Cenrana sub-district, Maros district. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
M011171553_skripsi_cover1.jpg

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
M011171553_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (833kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
M011171553_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
M011171553_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem manajemen pemanenan Hutan Rakyat, meliputi manajemen pemanenan di bidang teknis, manajemen pemanenan di bidang ekologi dan manajemen pemanenan di bidang ekonomi di Desa Cenrana Baru Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros. Kegiatan Manajemen pemanenan hutan sangat penting bagi masyarakat agar dapat mempersiapkan, merencanakan, melaksanakan pengelolaan hutan agar dapat mendukung kegiatan pemanenan, melakukan proses manajemen pemanenan kayu yang menyangkut penebangan bagi batang, penentuan sortimen, penyaradan, pengangkutan, sistem penjualan, sistem upah dan sebagainya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif berdasarkan data primer dan data sekunder yang didapatkan, dimana pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi literatur. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pemanenan terbagi atas tiga bidang di mana pada manjemen pemanenan di bidang teknis membahas tentang penyediaan peralatan pemanenan, penebangan dan bagi batang, penentuan sortimen, penyaradan dan pengangkutan, pada manajemen pemanenan di bidang ekologi membahas tentang teknik silvikultur, sistem permudaan, dampak terhadap tegakan tinggal, peranan manajemen pemanenan terhadap sistem silvikultur dan perubahan penggunaan lahan, pada manajemen pemanenab di bidang ekonomi membahas tentang sistem penjualan, sistem upah, ketenaga kerjaan pemanenan hutan dan hubungan antar pelaku di Desa Cenrana Baru Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros.
Keywords : Manajemen Pemanenan, Pemanenan Hutan, Hutan Rakyat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 03:29
Last Modified: 16 Mar 2022 03:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14270

Actions (login required)

View Item
View Item