Kinerja Operasional Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) lappa Kabupaten Sinjai = Operasional Performance Of Fish Landing Base (PPI) Lappa Regency


Rahmadani, Zalzah (2022) Kinerja Operasional Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) lappa Kabupaten Sinjai = Operasional Performance Of Fish Landing Base (PPI) Lappa Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L051171013_skripsi_cover1.jpg

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L051171013_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (320kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L051171013_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L051171013_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Zalzah Rahmadani. L051171013. “Kinerja Operasional Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Lappa Kabupaten Sinjai. Dibimbing oleh Muhammad Kurnia sebagai pembimbing utama dan Achmar Mallawa sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kinerja operasional dan mengidentifikasi potensi peningkatan kelas pelabuhan perikanan PPI Lappa Kabupaten Sinjai. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan aspek yang diteliti meliputi penyediaan fasilitas yang digunakan dalam aktivitas operasional PPI Lappa. Data dianalisis secara deskriptif menggunakan metode skoring dan tabel penilaian kinerja operasional, untuk menganalisis peningkatan kelas Pelabuhan menggunakan kriteria pelabuhan perikanan. Penilaian kinerja diperoleh dengan membandingkan kondisi PPI Lappa saat ini dengan ketetapan dalam Peraturan Kementrian Kelautan dan Perikanan No.PER.08/MEN/2012 tentang Kepelabuhan Perikanan dan Keputusan Direktur Jenderal Perikanan Tangkap No.432/DPT/0T.220.D3/I/2008 tentang Pedoman Evaluasi Kinerja Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capaian kinerja PPI Lappa yaitu sebesar 63,6% atau status kinerja baik. Setiap parameter memiliki presentase keberhasilan bobot dan nilai tinggi, meliputi jumlah produksi 960,05%, frekuensi kunjungan kapal 73,3%, pelayanan es 458,10 %, pelayanan BBM 175,40% pelayanan air bersih 22,05% dan tersedianya fasilitas pelabuhan seperti kantor administrasi, pemasaran nasional, sarana pemasaran, kantin, dan tempat ibadah. Adapun fasilitas yang tersedia tapi tidak berfungsi adalah pos jaga. Fasilitas yang tidak tersedia seperti fasilitas industri pengolahan, fasilitas perbaikan kapal, fasilitas suplai suku cadang, mess, dan poliklinik. Capaian kriteria teknis dan kriteria operasional untuk peningkatan kelas pelabuhan PPI Lappa mencapai 77,50 atau perlu dipertimbangkan untuk ditingkatkan.
Kata kunci: Kinerja operasional, pelabuhan, PPI Lappa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 02:10
Last Modified: 16 Mar 2022 02:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14264

Actions (login required)

View Item
View Item