Kualitas Perairan Lokasi Budidaya Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) di Takalar Lama Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar = Water Quality of Seaweed Cultivation Sites (Eucheuma cottonii) in Takalar Lama, Mappakasunggu District, Takalar Regency


Madina M., St. (2022) Kualitas Perairan Lokasi Budidaya Rumput Laut (Eucheuma Cottonii) di Takalar Lama Kecamatan Mappakasunggu Kabupaten Takalar = Water Quality of Seaweed Cultivation Sites (Eucheuma cottonii) in Takalar Lama, Mappakasunggu District, Takalar Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011171009_skripsi_cover1.jpg

Download (219kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011171009_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011171009_skripsi_dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011171009_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perairan dan pertumbuhan rumput laut serta hubungan antara parameter oseanografi perairan dengan pertumbuhan rumput laut Eucheuma cottonii. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2021 di lokasi budidaya rumput laut yang bertempat di Takalar Lama, Kecamatan Mappakasunggu, Kabupaten Takalar. Metode budidaya rumput laut yang digunakan adalah metode longline yang ditempatkan pada tiga stasiun lokasi budidaya. Parameter oseanografi fisika kimia perairan yang diukur yaitu suhu, salinitas, pH, kecerahan, kedalaman, kecepatan arus, pasang surut, nitrat, fosfat dan oksigen terlarut. Untuk pengukuran pertumbuhan rumput laut E. cottonii yang diukur yaitu pertumbuhan mutlak yang dianalisis menggunakan analisis One Way Anova untuk mengetahui perbedaan pertumbuhan rumput laut antar stasiun lokasi budidaya rumput laut E. cottonii. Untuk hubungan antara parameter oseanografi perairan dengan pertumbuhan rumput laut E. cottonii di analisis menggunakan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perairan di lokasi budidaya berada dalam kisaran yang layak untuk budidaya rumput laut di Takalar Lama. Hasil One Way Anova menunjukkan terdapat perbedaan pertumbuhan rumput laut yang nyata antar stasiun lokasi budidaya rumput laut E. cottonii. Hasil uji korelasi menunjukkan parameter oseanografi perairan yang berkorelasi sangat kuat terhadap pertumbuhan rumput laut E. cottonii yaitu suhu, kecerahan, dan kedalaman.
Keywords : E. Cottonii, Parameter oseanografi perairan dan Pertumbuhan rumput laut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:11
Last Modified: 16 Mar 2022 01:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14243

Actions (login required)

View Item
View Item