ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DO RUMAH SAKIT : A SCOPING REVIEW = AN ANALYSIS OF THE EFFECTS OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) ON PATIENT SATISFACTION IN HOSPITAL : A SCOPING REVIEW


Kamaruddin, Nurul Namirah (2022) ANALISIS PENGARUH PENERAPAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT TERHADAP KEPUASAN PASIEN DO RUMAH SAKIT : A SCOPING REVIEW = AN ANALYSIS OF THE EFFECTS OF TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) ON PATIENT SATISFACTION IN HOSPITAL : A SCOPING REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K012181083_tesis_cover1.jpg

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K012181083_tesis_bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K012181083_tesis_dp.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K012181083_tesis_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NURUL NAMIRAH KAMARUDDIN. Analisis Pengaruh Penerapan Total Quality Management (TQM) terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit : A Scoping Review.
(Dibimbing oleh Fridawaty Rivai dan Andi Zulkifli ).

Total Quality Management merupakan suatu metode yang dianggap dapat membantu memperbaiki kinerja organisasi untuk mencapai tujuan organisasi terkhusus Kepuasan Pasien. Oleh karena itu Total Quality Management (TQM) dapat dipilih sebagai salah satu metode untuk meningkatkan mutu Rumah Sakit. Revi ew ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh penerapan TQM terhadap Kepuasan Pasien di Rumah Sakit.
Metode penelitian ini adalah scoping review. Pencarian awal data dilakukan dari database online yang relevan dengan topik melalui Science Direct, Google Sch olar, dan PubMed . Menggunakan kata kunci yang diidentifikasi dengan pencarian di database online. yang digunakan adalah; 1) Rumah sakit, 2) kepuasan pasien , 3) Total Quality Management (TQM).
Hasil penelitian diperoleh dari penelusuran literatur yang membahas tentang pengaruh 10 dimensi TQM terhadap Kepuasan pasien di Rumah, dari 10 dimensi tersebut, yang paling memengaruhi kepuasan pasien di Rumah Sakit adalah dimensi Fokus pada Pasien. Adapun beberapa dimensi selain dari 10 dimensi sebelumnya yang ditemukan pada beberapa literatur, salah satunya adalah dimensi kepemimpinan, dimana dimensi ini merupakan dimensi yang penting dalam manajemen rumah sakit.
Kata kunci: Total Quality Management (TQM), Kepuasan Pasien, Rumah Sakit, TQM di Rumah Sakit, Kepuasan pasien di Rumah Sakit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 16 Mar 2022 01:01
Last Modified: 16 Mar 2022 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14236

Actions (login required)

View Item
View Item