Perbedaan Tingkat Kesejahteraan Keluarga PUS yang Ikut KB Dengan Tidak Ikut KB Di Wilayah Kampung KB Dusun Dengen Lembang Kapolang Kecamatan Denpina Kabupaten Toraja Utara = Differences in Welfare Level Of Family PUS Participation with KB and No KB Dusun Dengen Lembang Kapolang


Patanduk, Liling (2022) Perbedaan Tingkat Kesejahteraan Keluarga PUS yang Ikut KB Dengan Tidak Ikut KB Di Wilayah Kampung KB Dusun Dengen Lembang Kapolang Kecamatan Denpina Kabupaten Toraja Utara = Differences in Welfare Level Of Family PUS Participation with KB and No KB Dusun Dengen Lembang Kapolang. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K11116534_skripsi_cover1.jpg

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K11116534_skripsi_bab 1-2.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K11116534_skripsi_dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K11116534_skripsi_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Mengembangkan kualitas penduduk salah satunya adalah melalui program Keluarga Berencana (KB) yang pemerintah programkan untuk mengatasi persoalan pengendalian penduduk dan pembangunan keluarga sejahtera. Keberhasilan kampung KB dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat masih belum menunjukkan hasil yang signifikan hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti pendidikan istri, peran petugas KB, umur, pendapatan, lingkungan tempat tinggal serta stakeholders yang terkait.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesejahteraan PUS yang ikut KB dengan tidak ikut KB di wilayah kampung KB dusun Dengen Lembang Kapolang Kecamatan Denpina Kabupaten Toraja Utara berdasarkan pendidikan istri, pendidikan suami, pendapatan keluarga, jumlah anggota keluarga dan penerimaan informasi KB. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study dengan jumlah populasi sebanyak 56 PUS dan sampel 56 PUS dimana 34 PUS yang ikut KB dan 22 PUS yang tidak ikut KB dengan menggunakan teknik pengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara dengan alat bantu kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan tingkat kesejahteraan PUS yang ikut KB dengan tidak ikut KB di wilayah kampung KB Dusun Dengen Lembang Kapolang Kecamatan Denpina Kabupaten Toraja Utara berdasarkan pendidikan istri, pendidikan suami, jumlah anggota rumah tangga dan penerimaan informasi KB dan ada perbedaan tingkat kesejahteraan keluarga PUS yang ikut KB dengan tidak ikut KB di wilayah Kampung KB Dusun Dengen Lembang Kapolang Kecamatan Denpina Kabupaten Toraja Utara berdasarkan pendapatan keluarga. Diharapkan agar dalam pengaplikasian program kampung KB terus dilakukan secara baik dan merata agar tujuan dan manfaat dari adanya program kampung KB dapat benar-benar dirasakan masyarakat, misalnya dengan cara meningkatkan kualitas layanan keterjangkauan pelayanan KB.
Keywords : PUS, Keluarga Sejahtera, KB

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:48
Last Modified: 15 Mar 2022 03:48
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14229

Actions (login required)

View Item
View Item