ANALISIS KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PULAU SULAWESI = ANALYSIS OF INCOME INEQUALITY IN SULAWESI ISLAND


Nurmawati, Sitti (2022) ANALISIS KETIMPANGAN PENDAPATAN DI PULAU SULAWESI = ANALYSIS OF INCOME INEQUALITY IN SULAWESI ISLAND. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
A032181003_tesis_Cover1.jpg

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
A032181003_tesis_Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
A032181003_tesis_Daftar pustaka.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
A032181003_tesis_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SITTI NURMAWATI. Analisis Ketimpangan Pendapatan di Pulau Sulawesi
(Dibimbing oleh Nursini dan Hamrullah)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung investasi swasta, pengeluaran pemerintah daerah dan indeks pembangunan manusia terhadap ketimpangan pendapatan melalui kesempatan kerja dan pertumbuhan ekonomi di Pulau Sulawesi.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik dan Badan Koordinasi Penanaman Modal. Data ini berupa data panel yang terdiri atas data seluruh Provinsi di Pulau Sulawesi dari tahun 2011 sampai 2019. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa investasi swasta dan pengeluaran pemerintah daerah secara langsung berpengaruh negatif terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Sulawesi, sedangkan indeks pembangunan manusia secara langsung berpengaruh positif terhadap ketimpangan pendapatan di Pulau Sulawesi. Investasi swasta secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap ketimpangan pendapatan melalui kesempatan kerja di Pulau Sulawesi; pengeluaran pemerintah daerah secara tidak langsung berpengaruh positif terhadap ketimpangan pendapatan melalui kesempatan kerja di Pulau Sulawesi; dan indeks pembangunan manusia secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap ketimpangan pendapatan melalui kesempatan kerja di Pulau Sulawesi. Investasi swasta, pengeluaran pemerintah daerah dan indeks pembangunan manusia secara tidak langsung tidak berpengaruh terhadap ketimpangan pendapatan melalui pertumbuhan ekonomi di Pulau Sulawesi.
Keywords : ketimpangan pendapatan, pertumbuhan ekonomi, kesempatan kerja, investasi swasta, pengeluaran pemerintah daerah, indeks pembangunan manusia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:10
Last Modified: 15 Mar 2022 03:10
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14208

Actions (login required)

View Item
View Item