EFEKTIVITAS PROGRAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING MELALUI AKSI KONVERGENSI DI KABUPATEN GOWA


Halim, Asmita Yulianingsih (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING MELALUI AKSI KONVERGENSI DI KABUPATEN GOWA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
P022201033 cover.png

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P022201033 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
P022201033 dp.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P022201033.pdf

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas program percepatan penurunan stunting melalui aksi konvergensi dan mengkaji faktor-faktor yang mendorong atau menghambat tercapainya efektivitas program percepatan penurunan stunting melalui aksi konvergensi di Kabupaten Gowa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari data primer yang merupakan hasil wawancara dari 29 informan sedangkan data sekunder diperoleh dari kajian dokumen dari instansi terkait. Efektivitas diukur dengan pendekatan efektivitas input, pendekatan efektivitas proses, yang meliputi perencanaan, implementasi, dan evaluasi, serta pendekatan efektivitas output

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas Input berupa sumber daya manusia dan sumber pembiayaan masih belum memadai. Efektivitas proses memperlihatkan pelaksanaan aksi konvergensi juga kurang efektif karena perencanaan tidak didasarkan pada permasalahan yang ada, pelaksanaan program tidak semua dapat terlaksana, dan proses evaluasi yang belum efektif. Efektivitas input dan proses yang belum efektif, menyebabkan output yang dihasilkan juga belum efektif, sehingga tujuan untuk menurunkan angka prevalensi stunting belum tercapai. Adapun faktor-faktor yang mendorong pelaksanaan aksi konvergensi percepatan penurunan stunting adalah adanya komitmen pemerintah, serta keterlibatan berbagai pihak baik dari sektor kesehatan dan non kesehatan. Faktor penghambat pelaksanaan aksi konvergensi adalah kualitas sumberdaya manusia belum memadai, koordinasi antar pihak belum maksimal dan adanya pandemi covid-19 sehingga beberapa program tidak dapat dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Perencanaan dan Pengembangan Wilayah
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 15 Mar 2022 03:05
Last Modified: 15 Mar 2022 03:05
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14201

Actions (login required)

View Item
View Item