IDENTIFIKASI DAN TINGKAT INFEKSI EKTOPARASIT PADA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU TAKALAR = 8. Identification and Rate Of Ektoparasit in Tilapia (Oreochromis niloticus ). Seeds at theTakalar Brackish Water Fisheries Center


Musrifah, Musrifah (2022) IDENTIFIKASI DAN TINGKAT INFEKSI EKTOPARASIT PADA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU TAKALAR = 8. Identification and Rate Of Ektoparasit in Tilapia (Oreochromis niloticus ). Seeds at theTakalar Brackish Water Fisheries Center. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L031171008 cover.png

Download (170kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L031171008 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L031171008 dp.pdf

Download (570kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L031171008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Musrifah. L031 17 1008. “Identifikasi Dan Tingkat Infeksi Ektoparasit Pada Benih Ikan Nila (Oreochromis niloticus ).Di Balai Perikanan Air Payau Takalar”. Dibimbing oleh Hilal Anshary sebagai pembimbing utama dan Sriwulan sebagai pembimbing pendamping.
Ikan nila (Oreochromis niloticus) merupakan spesies ikan yang berasal dari kawasan sungai Nil dan danau-danau di sekitar Afrika, dan merupakan ikan jenis air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Salah satu agen penyebab penyakit ikan yang sering muncul pada benih ikan adalah parasit dan pada umumnya menimbulkan efek negatif pada inangnya. Parasit memiliki lokasi kesukaan pada organ ikan saat menginfeksi atau menempati mikro habitat tertentu pada inang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi jenis ektoparasit secara morfologi dan menganalisis tingkat infeksi serta mikrohabitat parasit yang ada pada benih ikan nila di pembenihan. Penelitian ini dilakukan selama 2 bulan dari bulan Juni hingga Agustus 2021. Sampling dilakukan 2 kali dan dilakukan pengukuran kualitas air seperti pH, suhu, dan oksigen terlarut (DO). Sampel ikan selanjutnya dibawa ke Hatchery Mini Unhas dan disimpan di akuarium sebelum dibawa ke Laboratorium dan dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan dan identifikasi parasit dilakukan di Laboratorium Parasit dan Penyakit Ikan. Pemeriksaan parasit menggunakan stereomikroskop dan mikroskop majemuk. Parasit monogenea diidentifikasi secara langsung dan dilakukan pengukuran parasit. Untuk parasit Trichodina dilakukan pewarnaan dengan AgNO3,2% Parasit yang ditemukan ada 3 jenis ektoparasit yaitu Trichodina centrostrigeata, Gyrodactylus sp dan Cichlidogyrus thurston. T.centrostrigeata, Gyrodactylus sp dan Cichlidogyrus thurston memiliki tingkat prevalensi yang berbeda. Prevalensi tertinggi Trichodina ditemukan pada ikan berukuran 3.37 cm yaitu 66% dan Intensitas pada ukuran 9.64 cm adalah 53.372 sel/ekor. Prevalensi tertinggi Gyrodactylus pada benih ikan nila berukuran 9.64 cm yaitu 20 % dan intensitas di ukuran 3.37 cm yaitu 19.12 ind/ekor. Prevalensi tertinggi Cichlidogyrus pada bagian insang benih ikan berukuran 9.64 cm adalah 91.5% dan intensitas bagian insang adalah 25.76 ind/ekor di organ insang dengan tingkat infeksi prevalensi parah . Kualitas air menunjukan kondisi air masih baik untuk pembenihan ikan nila tetapi dalam kondisi tersebut parasit juga masih dapat hidup disebabkan karena parasit hidup dan berkembang biak pada suhu yang ideal untuk pertumbuhan ikan.
Kata kunci: Cichlidogyrus thurston, Gyrodactylus sp, Ikan nila (Oreochromis niloticus) Trichodina centrostrigeata,

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:20
Last Modified: 14 Mar 2022 06:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item
View Item