Optimalisasi Pengembangan Budidaya Rumput Laut Kappaphycus striatum di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat = Optimizing The Development of Kappaphycus striatum Seaweed Cultivation in Mamuju Regency, West Sulawesi Province


Hamzah, Abdul Rahman (2022) Optimalisasi Pengembangan Budidaya Rumput Laut Kappaphycus striatum di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat = Optimizing The Development of Kappaphycus striatum Seaweed Cultivation in Mamuju Regency, West Sulawesi Province. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L022191001 cover.png

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L022191001 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L022191001 dp.pdf

Download (396kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L022191001.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Abdul Rahman Hamzah. Optimalisasi Pengembangan Budidaya Rumput Laut Kappaphycus striatum Di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (dibimbing oleh Mahatma Lanuru dan Syafiuddin).

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh jarak lokasi budidaya yang berbeda dan parameter oseanografi terhadap pertumbuhan, rendemen karagenan, kadar air dan kadar abu serta kelayakan usaha budidaya rumput laut Kappaphycus striatum. Penelitian menggunakan tiga lokasi budidaya yang berbeda yaitu lokasi budidaya dengan jarak >100 m, 50-100 m dan 30-50 m dari pantai pada saat surut terendah. Metode budidaya rumput laut yang digunakan adalah metode rawai dengan jarak tanam antar ikatan rumpun rumput laut adalah 25 cm. Berat bibit awal yang digunakan sebanyak 100 gr per rumpun. Jarak antar tali bentangan adalah 1,5 m. Parameter oseanografi yang diukur adalah kecepatan arus, suhu, salinitas, kekeruhan, pH, fosfat, nitrat dan oksigen terlarut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang nyata jarak lokasi budidaya rumput laut terhadap pertumbuhan rumput laut. Pertumbuhan rumput laut berkorelasi positif dengan pH, fosfat, oksigen terlarut, kecepatan arus dan suhu. Berkorelasi negatif dengan kekeruhan, nitrat dan salinitas. Sementara jarak lokasi budidaya yang berbeda tidak memberikan pengaruh yang nyata terhadap rendemen, kadar air dan kadar abu karagenan untuk semua stasiun pengamatan. Rendemen karagenan berkorelasi positif dengan fosfat, nitrat, oksigen terlarut dan salinitas. Kadar air berkorelasi positif dengan kecepatan arus. Kadar abu berkorelasi positif dengan pH, kekeruhan, fosfat, oksigen terlarut dan kecepatan arus. Analisis kelayakan usaha menunjukkan bahwa budidaya rumput laut merupakan usaha yang menguntungkan.
Keywords : Rumput laut, Kappphycus striatum, Pertumbuhan, Karagenan, Parameter Oseanografi, Analisis Usaha

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2022 06:17
Last Modified: 14 Mar 2022 06:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14164

Actions (login required)

View Item
View Item