KEPADATAN DAN POLA PERSEBARAN KERANG TOTOK (Geloina expansa, MOUSSON, 1849) DI EKOSISTEM MANGROVE KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA = Density and Distribution Pattern of Totok Shellfish (Geloina expansa MOUSSON, 1849) in the Mangrove Ecosystem, West Malangke District, North Luwu Regency


Syahputri, Nuryani Khadijah (2022) KEPADATAN DAN POLA PERSEBARAN KERANG TOTOK (Geloina expansa, MOUSSON, 1849) DI EKOSISTEM MANGROVE KECAMATAN MALANGKE BARAT KABUPATEN LUWU UTARA = Density and Distribution Pattern of Totok Shellfish (Geloina expansa MOUSSON, 1849) in the Mangrove Ecosystem, West Malangke District, North Luwu Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011181047 cover.png

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011181047 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011181047 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011181047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Geloina expansa adalah kerang yang terdapat di hutan mangrove. Tingginya tingkat konsumsi masyarakat dan nilai ekonomis tinggi, dikhawatirkan akan terjadinya tangkapan yang berlebihan (Overfishing). Pengambilan yang dilakukan secara terus–menerus bukan tidak mungkin akan mengakibatkan menurunnya populasi G. expansa. Habitat G. expansa telah banyak mengalami pengalihanfungsi lahan dan hal ini akan mengakibatkan menurunnya daya dukung alam di habitatnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepadatan, pola persebaran dan distribusi ukuran dari populasi G. expansa berdasarkan ekologi habitatnya di perairan Malangke Barat. Metode dilakukan secara acak sistematis, transek diletakkan petak contoh berukuran 5x5 m2 dengan 3 kali pengulangan dan diambil langsung dengan menggunakan tangan. Pengambilan sampel dilakukan pada setiap plot saat surut terendah. Parameter lingkungan yang diukur dilapangan meliputi salinitas, suhu dan substrat sedangkan parameter yang diukur di laboratorium ialah bahan organik total (BOT). Nilai kepadatan G. expansa pada zona intertidal ialah 9.90 ind/m2 sedangkan pada zona subtidal ialah 0.78 ind/m2. Pola persebaran yang didapatkan pada zona intertidal dan zona subtidal ialah mengelompok. Distribusi ukuran G. expansa pada zona intertidal didapatkan G. expansa yang dominan berukuran dewasa, dan terendah berada pada kelas ukuran tua sedangkan pada zona subtidal yang dominan berukuran muda dan terendah berada pada kelas ukuran tua. Zona dan jenis substrat mempengaruhi keberadaan G. expansa. G. expansa lebih banyak ditemukan pada zona intertidal dibandingkan pada zona subtidal dan substrat jenis lempung merupakan faktor penentu keberadaan kerang totok sedangkan substrat jenis liat dan pasir merupakan faktor pembatas akan keberadaan kerang totok.
Keywords : Kepadatan, Pola Persebaran, Distribusi Ukuran, Geloina expansa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:24
Last Modified: 14 Mar 2022 01:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14141

Actions (login required)

View Item
View Item