Karakteristik Morfologi dan Substrat Sargassum sp. pada Daerah Intertidal di Pulau Laelae, Kota Makassar = Morphological and Substrate Characteristics and of Sargassum sp. in the Interti-dal Area of Laelae Island, Makassar City


Alawiah, Tuty (2022) Karakteristik Morfologi dan Substrat Sargassum sp. pada Daerah Intertidal di Pulau Laelae, Kota Makassar = Morphological and Substrate Characteristics and of Sargassum sp. in the Interti-dal Area of Laelae Island, Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011171018_skripsi_24-02-2022 cover.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011171018_skripsi_24-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011171018_skripsi_24-02-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011171018_skripsi_24-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Sargassum merupakan salah satu jenis alga coklat (Phaeophyceae) yang dapat tumbuh di daerah intertidal dimana matahari masih dapat tembus sehingga Sargassum dapat melakukan fotosintesis. Sargassum dapat tumbuh pada substrat seperti batu berpasir, batuan, pecahan karang mati maupun substrat berlumpur berdasarkan karakteristik morfologi yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik morfologi dan substrat Sargassum sp. pada daerah intertidal di Pulau Laelae. Hasil penelitian akan memberikan pengetahuan mengenai karakteristik Sargassum pada substrat yang berbeda. Metode penelitian lapangan meliputi pengamatan karakteristik morfologi Sargassum dan pengukuran parameter lingkungan yang meliputi pH, suhu, salinitas, kecepatan arus, nitrat dan fosfat. Selain itu sampel sedimen diambil dengan menggunakan sedimen grab sample. Data dianalisis secara deskriptif berupa data pengamatan karakteristik morfologi Sargassum dan parameter lingkungan yang ditampilkan dalam bentuk tabel dan gambar yang dilengkapi dengan penjelasan. Selain itu, data sedimen yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan klasifikai wentworth dan aplikasi gradistat. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 3 jenis Sargassum di Pulau Laelae yaitu S. ilicifolium, S. polycystum dan Sargassum sp. Jenis Sargassum polycystum dan Sargassum sp. ditemukan pada substrat pasir kasar dan pasir sedang. Namun demikian ditemukan perbedaan morfologi dari bentuk filoid pada S. Polycystum yang berbentuk oval dan sedikit lonjong dan salah satu bentuknya lebih lonjong. Serta perbedaan bentuk bladder pada Sargassum sp. yang berbentuk bulat dan bulat yang sedikit bersayap.
Keywords : Sargassum, substrat, Pulau Laelae.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:03
Last Modified: 14 Mar 2022 01:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14135

Actions (login required)

View Item
View Item