Penyusunan Kalender Tanam Rumput Laut Eucheuma sp. di Teluk Mallasoro, Kabupaten Jeneponto, Berbasis Citra Landsat-8 = Preparation of the Eucheuma sp. Seaweed Planting Calendar. in Mallasoro Bay, Jeneponto Regency, Based on Landsat-8 Imagery


Isnaeni A, Isnaeni A (2022) Penyusunan Kalender Tanam Rumput Laut Eucheuma sp. di Teluk Mallasoro, Kabupaten Jeneponto, Berbasis Citra Landsat-8 = Preparation of the Eucheuma sp. Seaweed Planting Calendar. in Mallasoro Bay, Jeneponto Regency, Based on Landsat-8 Imagery. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
L011171010 cover.png

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
L011171010 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
L011171010 dp.pdf

Download (946kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
L011171010.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Kegiatan budidaya rumput laut di Kabupaten Jeneponto sudah sejak lama dilakukan dan sudah menjadi mata pencaharian utama bagi sebagian besar masyarakat Teluk Mallasoro. Dalam membudidayakan rumput laut, sering muncul kendala berupa kegagalan yang dialami oleh para petani rumput laut ataupun kualitas hasil panen yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun kalender tanam rumput laut Eucheuma sp. di Teluk Mallasoro Kabupaten Jeneponto berdasarkan suhu permukaan laut dan sebaran klorofil-a yang diperoleh dari citra Landsat-8. Pengolahan Citra Suhu Permukaan Laut dan Klorofil-a diolah menggunakan perangkat lunak ENVI 4.8 dan 5.3, citra satelit yang digunakan dalam kondisi bersih dan tidak ada gangguan awan. Dalam penelitian ini analisis data yang dilakukan secara deskriptif. Suhu perairan yang baik untuk pertumbuhan rumput laut adalah 27-30˚C, untuk Suhu Permukaan Laut Teluk Mallasoro yang sesuai untuk penanaman rumput laut yaitu pada bulan April, Mei, Juni, Juli, Agustus, September, Oktober, dan November. Sedangkan penggolongan berdasarkan kriteria status trofik klorofil-a pada perairan laut yakni kisaran < 1 mg/L tergolong Oligotrofik, ≥ 1–3 mg/L tergolong Mesotrofik, ≥ 3–5 mg/L tergolong Eutrofik, dan > 5 mg/L tergolong Hipertrofik, dari hasil analisis citra untuk sebaran klorofil-a di Teluk Mallasoro menunjukkan bahwa Teluk Mallasoro sepanjang tahun berada pada level Mesotrofik atau tingkat kesuburan perairan cukup subur karena berada dalam kisaran ≥ 1–3 mg/L. sehingga didapatakan kalender tanam rumput laut di Teluk Mallasoro yaitu pada bulan Januari, Februari, dan Desember dapat dilakukan persiapan alat seperti pembersihan dan perbaikan alat tanam rumput laut, kemudian pada akhir Maret, akhir Mei, akhir Juli, dan akhir September dilakukan pengadaan bibit rumput laut, pada awal April, awal Juni, awal Agustus, dan awal Oktober dapat dilakukan penebaran bibit rumput laut, kemudian pada pertengahan Mei, pertengahan Juli, pertengahan September, dan pertengahan November dilakukan pemanenan, sehingga pembudidayaan rumput laut dalam satu tahun dapat dilakukan sebanyak 4 kali siklus.
Keywords : Kalender tanam Rumput Laut, Suhu Permukaan Laut, Klorofil-a, Eucheuma sp., Teluk Mallasoro

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 14 Mar 2022 01:02
Last Modified: 14 Mar 2022 01:02
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item
View Item