STUDI VALIDASI INSTRUMEN PENGUKURAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN UMUM TERKAIT PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI = VALIDATION STUDY OF KNOWLEDGE, ATTITUDES AND PRACTICE RELATED TO PREVENTION OF ANEMIA IN ADOLESCENT GIRLS


Tasya, Ananda (2022) STUDI VALIDASI INSTRUMEN PENGUKURAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN TINDAKAN UMUM TERKAIT PENCEGAHAN ANEMIA PADA REMAJA PUTRI = VALIDATION STUDY OF KNOWLEDGE, ATTITUDES AND PRACTICE RELATED TO PREVENTION OF ANEMIA IN ADOLESCENT GIRLS. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K021171505 cover.png

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K021171505 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K021171505 dp.pdf

Download (6MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K021171505.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Anemia merupakan masalah gizi yang paling umum di seluruh dunia, terutama disebabkan karena defisiensi zat besi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kuesioner yang valid dan reliabel untuk menilai dan mengukur tingkat pengetahuan, sikap dan tindakan umum tentang anemia pada remaja putri. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel sebanyak 150 remaja putri. Metode dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pengembangan instrument penelitian (kuesioner) terkait pengetahuan, sikap dan tindakan umum remaja putri terkait pencegahan anemia. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode probability sampling dengan teknik simple random sampling. Analisis statistik menggunakan pearson correlation dan cronbach alpha digunakan untuk mengukur validitas dan reliabilitas kuesioner.
Hasil uji validitas terhadap 30 item pertanyaan diperoleh 2 item pertanyaan terkait pengetahuan dan 2 item pernyataan tindakan yang tidak valid. Hasil Uji realibilitas menggunakan cronbach alpha diperoleh semua item pertanyaan memiliki nilai cronbach alpha diatas 0,60 sehingga dinyatakan reliabel. Kesimpulan penelitian ini yaitu Pada variabel pengetahuan remaja putri terkait pencegahan anemia terdapat 8 item pertanyaan yang dinyatakan valid dan 2 item pertanyaan yang tidak valid, yaitu pertanyaan nomor 3 dan 4 terkait kadar Hb pada remaja putri dan gejala anemia. Pada variabel sikap remaja putri terkait pencegahan anemia semua item pernyataan dinyatakan valid. Pada variabel tindakan umum teraja putri terhadap pencegahan terdapatt 8 item pernyataan yang dinyatakan valid dan 2 item pernyataan dinilai tidak valid yaitu pertanyaan nomor 1 dan 6 terkait sarapan pagi remaja putri dan menjaga kebersihan diri dan pada variabel pengetahuan, sikap dan tindakan umum seluruh item pertanyaan pada kuesioner dinilai reliabel. Dalam skripsi ini masih terdapat banyak kekurangan, untuk itu bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan dan menyempurnakan instrument penelitian ini. Perlu diadakan penelitian lebih lanjut pada item pertanyaan yang tidak valid pada penelitian ini.
Keywords : Validasi, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Remaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Mar 2022 07:43
Last Modified: 11 Mar 2022 07:43
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14118

Actions (login required)

View Item
View Item