DESKRIPSI PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DENGAN KEPATUHAN MENGONSUMSI TABLET UNTUK TAMBAH DARAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAJOE = DESCRIPTION OF PREGNANT WOMEN'S KNOWLEDGE ABOUT ANEMIA WITH COMPLIANCE TO CONSUMING TABLETS FOR ADDED BLOOD IN THE WORK AREA OF PUSKESMAS BAJOE


Sasmita, Sasmita (2022) DESKRIPSI PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DENGAN KEPATUHAN MENGONSUMSI TABLET UNTUK TAMBAH DARAH DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BAJOE = DESCRIPTION OF PREGNANT WOMEN'S KNOWLEDGE ABOUT ANEMIA WITH COMPLIANCE TO CONSUMING TABLETS FOR ADDED BLOOD IN THE WORK AREA OF PUSKESMAS BAJOE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
K021171301 cover.png

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
K021171301 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
K021171301 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
K021171301.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami anemia karena adanya peningkatan kebutuhan zat besi. Kebutuhan ini tidak dapat tercukupi hanya dari asupan makanan ibu hamil melainkan dibutuhkan asupan tambahan dari tablet Fe. Namun sayangnya masih banyak ibu hamil yang tidak patuh dalam mengonsumsi tablet Fe dikarenakan beberapa faktor, salah satunya pengetahuan terkait anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan kepatuhan mengonsumsi tablet Fe ibu hamil. Penelitian ini menggunakan desain cross-sectional.
Sampel penelitian ini merupakan ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Bajoe Kabupaten Bone yang berjumlah 119 orang dan dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pengetahuan dan kepatuhan adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji chi-square. Hasil dari seluruh responden, diketahui bahwa sebagian besar ibu hamil memiliki pengetahuan tentang anemia yang kurang (95,8%) dan lebih dari 50% ibu hamil telah patuh dalam mengonsumsi tablet Fe (65,5%). Analisis bivariat menggunakan uji chi-square diperoleh nilai p-value = 0,455 (p>0,05) yang artinya tidak terdapat hubungan antara pengetahuan dengan kepatuhan mengonsumsi tablet Fe ibu hamil. Kesimpulan pada penelitian ini tidak terdapat hubungan antara pengetahuan tentang anemia ibu hamil dengan kepatuhan mengonsumsi tablet Fe. Ibu hamil sebaiknya meningkatkan pengetahuan dengan menggali informasi dari berbagai sumber.
Keywords : Pengetahuan, Kepatuhan, Ibu Hamil, Anemia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:27
Last Modified: 11 Mar 2022 06:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item
View Item