PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN = THE INFLUENCE OF THE INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES OF MIDWIFERY ASSOCIATE'S DEGREE


Rabani, Isyraq Nazihah (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA DIII KEBIDANAN = THE INFLUENCE OF THE INQUIRY LEARNING MODEL ON STUDENT LEARNING OUTCOMES OF MIDWIFERY ASSOCIATE'S DEGREE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102182013_tesis_22-02-2022 cover1.jpg

Download (260kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
P102182013_tesis_22-02-2022 Bab 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102182013_tesis_22-02-2022 DP.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
P102182013_tesis_22-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar mahasiswa DIII Kebidanan pada Mata Kuliah Pelayanan KB dan Kesehatan Reproduksi.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan rancangan penelitian Non Equivalent Control Group. Penelitian ini dilakukan di Poltekkes Kemenkes Kendari dan Stikes Pelita Ibu Kendari. Penelitian ini terbagi atas kelompok eksperimen dengan model inquiry dan kelompok kontrol dengan model konvensional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 20 orang pada masing-masing kelompok. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Uji statistik menggunakan Mann Whitney dan Wilcoxon. Variabel aktivitas dosen, aktivitas mahasiswa, karakteristik dosen dengan p-value 0.001 (<α=0.05), dan respons mahasiswa dengan p-value 0.000 (<α=0.05) menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua kelompok model pembelajaran. Pada model pembelajaran konvensional (median pretest =36.67, median posttest =73.33, p-value 0.000 <α=0.05) dan model pembelajaran inquiry (median pretest =40.00, median posttest =80.00, p-value 0.000 <α=0.05).
Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada kedua kelompok model pembelajaran. Pada model pembelajaran konensional (median pretest = 36.67, median posttest = 73.33, p-value 0.000 < α=0.05) dan model pembelajaran inquiry (median pretest = 40.00, median posttest = 80.00, p-value 0.000 < α=0.05) menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan pada peningkatan hasil belajar mahasiswa. Terdapat pengaruh model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran inquiry terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa. Namun model pembelajaran inquiry memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Inquiry, Konvensional, Hasil belajar
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Depositing User: Dr. Iskandar Iskandar
Date Deposited: 11 Mar 2022 06:20
Last Modified: 11 Mar 2022 06:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14110

Actions (login required)

View Item
View Item