PERAMALAN INFLASI DI INDONESIA DENGAN METODE FUZZY TIME SERIES CHENG YANG DIMODIFIKASI = FORECASTING INFLATION IN INDONESIA USING THE MODIFIED FUZZY TIME SERIES CHENG METHOD


Al-kadry, Indi Ria (2022) PERAMALAN INFLASI DI INDONESIA DENGAN METODE FUZZY TIME SERIES CHENG YANG DIMODIFIKASI = FORECASTING INFLATION IN INDONESIA USING THE MODIFIED FUZZY TIME SERIES CHENG METHOD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
H011171011 cover.png

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
H011171011 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
H011171011 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
H011171011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Inflasi merupakan salah satu indikator penting yang digunakan dalam menganalisa perekonomian di suatu negara. Oleh karena itu, perlu dilakukan peramalan terhadap tingkat inflasi. Peramalan dapat dilakukan dengan berbagai metode, salah satunya Fuzzy Time Series Cheng. Pada penelitian ini dilakukan beberapa modifikasi pada metode yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan peramalan menggunakan metode Fuzzy Time Series Cheng yang Dimodifikasi dan menentukan akurasi dari hasil peramalan yang diperoleh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode Fuzzy Time Series Cheng Dimodifikasi dapat digunakan dalam melakukan peramalan, baik dengan penentuan interval berbasis rata-rata maupun menggunakan persamaan Sturges. Berdasarkan hasil perhitungan keakuratan peramalan menggunakan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) diperoleh akurasi untuk Fuzzy Time Series Cheng Dimodifikasi dengan penentuan interval berbasis rata-rata untuk peramalan berdasarkan current state dan next state masing-masing sebesar 11,58% dan 5,78%. Selanjutnya, Fuzzy Time Series Cheng Dimodifikasi dengan penentuan interval meggunakan persamaan Sturges menghasilkan nilai MAPE sebesar 9,61% dan Fuzzy Time Series Cheng sebesar 7,54%. Nilai MAPE dari masing-masing metode kurang dari 10% yang berarti bahwa metode tersebut mempunyai kinerja yang sangat baik, kecuali Fuzzy Time Series Cheng Dimodifikasi dengan penentuan interval berbasis rata-rata untuk peramalan berdasarkan current state mempunyai kinerja yang baik dengan nilai MAPE berada antara 10% dan 20%.
Keywords : Inflasi, Peramalan, Fuzzy Time Series Cheng, Fuzzy Time Series Cheng Dimodifikasi dan MAPE.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:47
Last Modified: 10 Mar 2022 05:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item
View Item