Efek Penggunaan Lampu Perangkap Terhadap Persentase Serangan Penggerek Batang Padi Putih (Scirpophaga innotata Walker) Pada Tanaman Padi = Effects of Using Light Trap on the Percentage of Attacks of the White Rice Stem Borer (Scirpophaga innotata Walker) on Rice Plants


Fatimah, St. (2022) Efek Penggunaan Lampu Perangkap Terhadap Persentase Serangan Penggerek Batang Padi Putih (Scirpophaga innotata Walker) Pada Tanaman Padi = Effects of Using Light Trap on the Percentage of Attacks of the White Rice Stem Borer (Scirpophaga innotata Walker) on Rice Plants. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
G011171067 cover.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
G011171067 1-2.pdf

Download (971kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
G011171067 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
G011171067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Scirpophaga innotata merupakan hama utama pada tanaman padi yang dapat menyebabkan kehilangan hasil dan menimbulkan kerugian yang berarti pada petani. Upaya pengendalian yang dilakukan oleh petani untuk menekan intensitas serangan S. innotata masih mengandalkan penggunaan insektisida. Penggunaan insektisida yang tidak bijaksana akan menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan lampu perangkap terhadap persentase serangan S. innotata pada tanaman padi. Penelitian ini dilaksanakan di desa Sidenreng, Kecamatan Watang Sidenreng, Kabupaten Sidenreng Rappang. Pengamatan dilakukan pada 2 petak perlakuan yaitu perlakuan lampu perangkap dan tanpa lampu perangkap yang masing-masing berukuran 10 m x 10 m. Pengamatan dilakukan pada perpotongan diagonal dengan menggunakan sistem ubinan sebagai sub plot berukuran 2 m x 2 m. Jumlah tanaman sampel yang diamati pada tiap sub plot adalah 66 rumpun tanaman padi. Pengamatan terhadap persentase serangan S. innotata dilakukan sebanyak 10 kali dimulai pada saat tanaman padi berumur 3 MST-12 MST dengan interval pengamatan 7 hari. Data persentase serangan S. innotata yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata persentase serangan S. innotata tertinggi terdapat pada perlakuan tanpa lampu perangkap yaitu 4,12 % pada pengamatan 3 MST. Dan hasil analisis uji t berpasangan perlakuan lampu perangkap dan tanpa lampu perangkap menunjukkan hasil berbeda nyata pada setiap minggu pengamatan mulai dari pengamatan 3 MST hingga 12 MST.
Keywords : Scirpophaga innotata, lampu perangkap, persentase serangan, padi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Mar 2022 05:39
Last Modified: 10 Mar 2022 05:39
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14068

Actions (login required)

View Item
View Item