METAFORA EMOSI DALAM POSTINGAN INSTAGRAM BERBAHASA BUGIS KARYA @MIHP_ SEBAGAI REFLEKSI INTERAKSI CINTA: KAJIAN SEMANTIK = Metaphor of Emotional Expression in Bugis Language Instagram Posts as a Reflection of Love Interaction: Semantic Studies


Sofyan, Asmaniar (2022) METAFORA EMOSI DALAM POSTINGAN INSTAGRAM BERBAHASA BUGIS KARYA @MIHP_ SEBAGAI REFLEKSI INTERAKSI CINTA: KAJIAN SEMANTIK = Metaphor of Emotional Expression in Bugis Language Instagram Posts as a Reflection of Love Interaction: Semantic Studies. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F021171309 cover.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F021171309 1-2.pdf

Download (905kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F021171309 dp.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F021171309.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Asmaniar Sofyan. 2021. Metafora Ungkapan Emosi pada Postingan Instagram Berbahasa Bugis Sebagai Refleksi Interaksi Cinta: Kajian Semantik (dibimbing oleh Gusnawaty dan Firman Saleh).
Penelitian ini bertujuan menjelaskan (1) bentuk metafora yang terdapat dalam postingan berbahasa Bugis di akun Instagram @mihp_. Dan (2) makna ungkapan emosi dalam postingan berbahasa Bugis di akun Instagram @mihpJenis penelitian ini adalah penelitian mixed method dengan pendekatan semantik Michael C. Haley. Teknik analisis data menggunakan aplikasi AntConc yang menganalisis dengan instan penggunaan kata pada postingan berbahasa Bugis. Penelitian ini dilaksakan di sosial media instagram dimulai pada bulan Juni 2021 sampai dengan bulan Agustus 2021. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode pengumpulan data simak dan catat. Temuan menunjukkan bahwa bentuk penggunaan metafora pada postingan berbahasa Bugis di akun Instagram @mihp_ yaitu berbentuk; kata, frasa, dan kalimat. Selanjutnya, makna ungkapan emosi yang ditemukan pada penggunaan metafora dalam sembilan postingan berbahasa Bugis di akun Instagram @mihp ada 10 makna emosi yang secara garis besar terbagi dua, yakni emosi negatif dan emosi positif. Emosi negatif adalah: (1) Sedih, (2) Derita, (3) Kecewa, (4) Putus Asa, (5) Malu. Emosi positif adalah: (6) Cinta, (7) Rindu, (8) Sabar, Ikhlas dan Pasrah, (9) Berharap, dan (10) Percaya. Disimpulkan bahwa bahasa Bugis mampu merepresentasikan berbagai perasaan terdalam manusia seperti cinta dan sengsara. Direkomendasikan untuk mengeksplorasi metafora berbahasa Bugis lebih jauh khususnya di dalam pengajaran Muatan Lokal baik sekolah dasar maupun sekolah lanjutan.
Keywords : emosi, metafora, instagram, postingan Bugis, semantik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:22
Last Modified: 10 Mar 2022 01:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14041

Actions (login required)

View Item
View Item