EFEK KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH BAGI PEMILIH PEMULA DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2020


Saputro, Eko Rachmat (2022) EFEK KONTEN MEDIA SOSIAL DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH BAGI PEMILIH PEMULA DI KOTA MAKASSAR TAHUN 2020. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E052191009_tesis_07-03-2022 cover.png

Download (163kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E052191009_tesis_07-03-2022 1-2.pdf

Download (513kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E052191009_tesis_07-03-2022 dp.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E052191009_tesis_07-03-2022.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (916kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis Efek konten media sosial bagi anak muda pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar tahun 2020. Selain itu, untuk mengetahui beberapa konten apa saja yang mampu mempengaruhi pilihan para pemilh pemula di Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapatkan dari hasil wawancara sedangkan data sekunder yang dikumpulkan dari media sosial dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode deksriptif analisis isi terhadap konten di media sosial dan hasil wawancara berdasarkan kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini. Teori yang digunakan adalah Kebijakan Rasional; (Rational Choice), dan Teori Hipodermik Jarum Suntik.
Hasil penelitian menujukkan bahwa upaya kampanye yang dilakukan oleh pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar di sosial media dengan menekankan konten terkait tokoh pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar, penyampaian program dan visi-misi dengan menggunakan bantuan influencer/ tokoh berpengaruh. Selain itu penyampaian isi konten juga dilakukan dengan menggunakan Hastag/ Tagar di Instagram, dan menggunakan podcast/ video pendek yang dibagikan di akun Instagram masing-masing pasangan calon. Upaya ini cukup berpengaruh dalam mempengaruhi pilihan kaum Milenial yang ada di Kota Makassar, karena konten-konten yang disajikan dikemas dengan cara yang inovatif, sederhana, sehingga penyampaian pesan politik dapat mempengaruhi perspektif pemilih pemula di Kota Makassar.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:19
Last Modified: 10 Mar 2022 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14024

Actions (login required)

View Item
View Item