PEMANFAATAN AKUN MEDIA SOSIAL DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 4 ALLA DI KABUPATEN ENREKANG


Hasruddin, Muhammad (2021) PEMANFAATAN AKUN MEDIA SOSIAL DALAM MENUNJANG PROSES BELAJAR DI KALANGAN SISWA SMP NEGERI 4 ALLA DI KABUPATEN ENREKANG. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E31116002_skripsi cover.png

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E31116002_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E31116002_skripsi dp.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E31116002_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Hasruddin. Pemanfaatan Akun Media Sosial dalam Menunjang Proses Belajar Siswa SMP NEGERI 4 ALLA di Kabupaten Enrekang. (Dibimbing oleh Hafied Cangara dan Nurul Ichsani).
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) alasan siswa menggunakan jenis media sosial tertentu dalam menunjang proses pembelajaran; dan (2) bagaimana pemanfaatan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran.
Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, focus group discussion, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan model Interaktif Miles dan Hubberman melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat jenis media sosial yang diklasifikasikan menjadi dua kategori yaitu; WhatsApp sebagai sumber informasi utama dan Instagram, Facebook, dan messenger sebagai sumber informasi pendukung dalam menunjang proses pembelajaran. Alasan WhatsApp digunakan sebagai sumber informasi utama karena selain dapat difungsikan sebagai wadah untuk memperoleh/mencari (searching) beragam informasi terkait mata pelajaran sekolah serta informasi lainnya, WhatsApp dapat difungsikan pula sebagai wadah untuk berbagi (sharing) informasi serta membantu memudahkan dalam berkomunikasi secara lebih efisien. Alasan informan menggunakan empat jenis media sosial lainnya sebagai sumber informasi pendukung karena keempat jenis media sosial tersebut memiliki beragam keunggulan yang dapat difungsikan sebagai wadah untuk memperoleh/ mencari (searching) beragam informasi umum serta menambah wawasan, tetapi tidak berfungsi sebagai wadah untuk berbagi (sharing) informasi. Sementara itu, Informan memanfaatkan media sosial dalam menunjang proses pembelajaran dengan cara melihat dan membagi informasi dalam bentuk foto, word, power point atau video tutorial.
Kata Kunci : Pemanfaatan, Media Sosial, Siswa SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan, Media Sosial, Siswa SMP
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:09
Last Modified: 10 Mar 2022 01:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/14010

Actions (login required)

View Item
View Item